RSPI Sulianti Saroso Isolasi Tiga Pasien Suspect Virus Corona, Ada Riwayat Perjalanan Wuhan & Korea

Ia menuturkan, pasien tersebut diperiksa karena mengalami sakit setelah memiliki riwayat perjalanan ke wilayah pandemik virus corona.

AFP/YONHAP/SOUTH KOREA OUT
Para petugas berpakaian pelindung menyemprotkan desinfektan di sebuah kawasan pasar di Kota Daegu Korea Selatan, Senin (24/2/2020). Korea Selatan Dinyatakan Berstatus 'Red Alert' Akibat Wabah Virus Corona, KBRI Ungkap Kondisi WNI 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan, pihaknya masih memeriksa sebanyak tiga orang yang diduga terinfeksi virus corona.

Saat ini, semuanya masih diisolasi di ruang khusus.

Sejauh ini, Syahril menuturkan, pihaknya telah memeriksa 24 orang yang diduga terinfeksi virus corona. Namun, 21 orangnya dinyatakan telah negatif terjangkit virus tersebut.

"21 orang sudah pulang negatif semua. Tinggal 3 yang sekarang masih dirawat tinggal menunggu hasil pemeriksaan yang kedua. Nggak ada masalah," kata Syahril kepada Tribunnews.com, Sabtu (29/2/2020).

Ia menuturkan, pasien tersebut diperiksa karena mengalami sakit setelah memiliki riwayat perjalanan ke wilayah pandemik virus corona.

Mulai dari Wuhan, China, Jepang, Korea hingga ke Jepang dalam 14 hari terakhir.

Menurutnya, gejala sakit yang dirasa pasien biasanya demam tinggi hingga 38 derajat, batuk, pilek hingga sakit tenggorokan.

"Atau bisa juga orang tersebut kontak dengan pasien yang kena virus corona. Istilahnya bukan suspect tapi pasien dalam pengawasan," jelas dia.

Wabah Virus Corona Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi, Asperindo: Barang Impor Turun 30%

Sutarmidji Meradang, 20 Warga Pontianak Berlibur di Korea Saat Wabah Corona & Ancam Isolasi 14 Hari

Dia menuturkan, pasien tersebut akan mendapatkan perawatan di ruang isolasi paling lama lima hari ke depan.

Total, ada dua pemeriksaan yang dilalui ketiga pasien tersebut sebelum diketahui hasil apakah terjangkit atau tidak virus corona.

Halaman
123
Editor: Rizky Prabowo Rahino
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved