Kodam XII Tanjungpura Paparkan Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Sambas

Jadi program ini harus di ketahui oleh semuanya, bukan hanya kita disini. Tapi sampai masyarakat yang ada di pelosok juga harus tahu

Kodam XII Tanjungpura Paparkan Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Sambas
TRIBUN PONTIANAK/ WAWAN GUNAWAN
Perwira Staf Ahli (Pa Sahli) Bid.OMP Kodam XII/ Tanjungpura, Kolonel Inf Solihin saat melakukan sosialisasi Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Kodim 1208/Sambas, Selasa (18/2/2020). 

SAMBAS - Perwira Staf Ahli (Pa Sahli) Bid.OMP Kodam XII/ Tanjungpura, Kolonel Inf Solihin mengatakan, Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru Di Bumi Khatulistiwa, merupakan program TNI diwilayah Kalbar yang digagas oleh Pangdam XII/Tanjungpura.

Ia sampaikan, program itu di gagas setelah melihat kondisi saat ini dan memperhatikan kondisi Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan Barat.

"Ini adalah program yang di gagas oleh Pangdam XII/ Tanjungpura, dalam memperhatikan kondisi Karhutla yang terjadi selama ini, serta adanya arahan, penekanan yang sangat menjadi perhatian pemerintah pusat, Presiden Joko Widodo," ujar Solihin, Selasa (18/2/2020).

Ia sampaikan, program itu adalah program untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Kalimantan Barat. Terutama dari bahaya Karhutla.

VIDEO: Kodim 1208/Sambas Gelar Sosialisasi Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru

"Langit biru ini adalah program yang baik dan mulia. Yang tujuannya bukan semata-mata untuk menanggulangi asap, tapi juga untuk kelangsungan kita, untuk anak cucu kita, untuk masa depan kita. Apalagi pulau Kalimantan ini adalah paru-paru dunia. Jadi hutannya harus kita jaga," katanya.

"Jadi program ini harus di ketahui oleh semuanya, bukan hanya kita disini. Tapi sampai masyarakat yang ada di pelosok juga harus tahu," sambung Solihin.

Pada kesempatan itu, ia juga memaparkan beberapa cara untuk penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan.

"Dalam penanganannya harus ada SEROK (Serbu dan Keroyok-Red), yang melibatkan segala lini di daerah. Mulai dari TNI, Polri, Pemerintah daerah, Pengusaha, ormas dan lapisan masyarakat lainnya," katanya.

Di kesempatan itu, ia juga mengingatkan peran penting dari media. Ia sampaikan, jika media saat ini memberikan dampak yang luar biasa.

"Peran Media juga sangat penting, karena bisa membuat dampak yang luarbiasa, dengan memberitakan program-program positif dan mengajak lapisan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan Karhutla apabila terjadi," tutup Solihin.

Halaman
1234
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved