Kunjungi Kalbar, Kak Seto Harap Ada Satgas Perlindungan Anak di Tingkat RT

Hal ini disampaikannya saat berkunjung ke Mapolda Kalbar pada Selasa (21/1/2020) pagi, dan disambut langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono.

Kunjungi Kalbar, Kak Seto Harap Ada Satgas Perlindungan Anak di Tingkat RT
Tribunpontianak.co.id/Ferryanto
Kak Seto saat kunjungi Polda Kalbar. Selasa (21/1/2020). 

PONTIANAK - Kak Seto ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) mengapresiasi kinerja Polda Kalbar dalam menangani berbagai kasus yang berkaitan dengan anak.

Ia menilai, Polda Kalbar bertindak konkrit dalam penanganan berbagai kasus terjadi.

Hal ini disampaikannya saat berkunjung ke Mapolda Kalbar pada Selasa (21/1/2020) pagi, dan disambut langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono. 

"Kedatangan kami untuk berkoordinasi, dan kami sangat mengapresiasi Polda Kalbar dan jajarannya atas tindakan yang konkrit untuk bisa membuat nyamannya masyarakat, khususnya untuk perlindungan anak. Jadi kami mendesak ke berbagai daerah untuk terciptanya wilayah yang layak anak, dalam hal ini juga Kalimantan Barat yang layak anak, yang ramah anak, dan tentu juga berbagai tindakan tegas tentang berbagai pelanggaran terhadap anak,"tutur Seto.

Polda Kalbar dan Jajarannya Sambut Kedatangan Kak Seto

Sejak beberapa tahun terakhir, Seto juga mengungkapkan pihaknya selalu memantau berbagai kasus yang terjadi di wilayah Kalbar.

"Ini beberapa kasus yang kami juga pantau, Ternyata juga cukup serius penanganannya, profesional, sehingga kami memberikan apresiasi kepada bapak Kapolda, untuk terus meningkatkan upaya - upaya untuk terwujudnya Kalimantan Barat yang layak anak,"katanya.

Satu di antara kasus yang menjadi sorotan pihaknya di 2019 ialah kasus penganiayaan AU, yang menurutnya dapat diselesaikan dengan baik oleh jajaran Polda Kalbar.

Seto Mulyadi menerangkan, sebuah wilayah dikatakan ramah dan layak anak bila minimnya pelanggaran - pelanggaran hak anak.

"Kriteria nya ialah minimnya, pelanggaran - pelanggaran hak anak, jadi apakah itu disekolah, apakah itu dirumah tangga, dilingkungan RT / RW dan sebagainya, mendapatkan rasa nyaman, sehingga mendapatkan haknya untuk tumbuh dan berkembang secara lebih optimal,"ujarnya 

Agar sebuah daerah kabupaten / Kota menjadi layak anak, Seto Mulyadi menyarankan agar didaerah tersebut dapat dibentuk satgas perlindungan anak pada tinggkat terendah yakni di RT / RW.

"Jadi di setiap RT, selain ada seksi acara, kebersihan, tambah satu lagi yakni seksi perlindungan anak, dimana tumbuh dari kesadaran warga sendiri sehingga ada kepedulian untuk saling mengawasi, dan juga langkah - langkah preventif. Untuk mengingatkan para orang tua, untuk mendidik putra putrinya, tidak dengan cara - cara kekerasan,"jelas Ketua LPAI.

Penulis: Ferryanto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved