Imlek

Jelang Perayaan Tahun Baru Imlek, Inilah Persiapan Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

sejumlah pengurus tampak sibuk membersihkan dan merapikan Vihara Bodhisatva Karaniya Metta (Klenteng Tiga Dewa Dewi)

Jelang Perayaan Tahun Baru Imlek, Inilah Persiapan Vihara Bodhisatva Karaniya Metta
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MUZAMMILUL ABRORI
sejumlah pengurus tampak sibuk membersihkan dan merapikan Vihara Bodhisatva Karaniya Metta (Klenteng Tiga Dewa Dewi) yang terletak di Jalan Sultan Muhammad, Kota Pontianak, Sabtu (18/1/2020). 

PONTIANAK - Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2571/2020, sejumlah pengurus tampak sibuk membersihkan dan merapikan Vihara Bodhisatva Karaniya Metta (Klenteng Tiga Dewa Dewi) yang terletak di Jalan Sultan Muhammad, Kota Pontianak, Sabtu (18/1/2020).

Perayaan Imlek yang jatuh pada tanggal 25 Januari mendatang, sejumlah pengurus tersebutpun mulai mempersiapkan hingga pada seluruh bagian area, yang nantinya akan digunakan umat Konghucu melaksanakan ibadah.

Satu diantara pengurus, yakni Gunawan mengatakan bahwa, persiapan ini dilakukan untuk merayakan hari raya Imlek, dan yang nantinya juga digunakan masyarakat untuk datang bersembahyang di Vihara Bodhisatva Karaniya Metta.

Warga Melawi Terpikat Kemeriahan Imlek di Singkawang

"Nanti itu tanggal 25, pada jam 6 pagi masyarakat sudah mulai datang untuk bersembahyang. Dan jam 2 tutup sampai jam 4 akan buka lagi, sampai besok paginya lagi," jelas Gunawan kepada Tribun.

Persiapan yang dilakukan ini menurut Gunawan, adalah hal yang biasa dilakukan dalam menyambut datangnya perayaan Imlek.

"Dan untuk kapasitas mungkin tidak tentu ya, karena biasanya orang datang berbeda-beda waktu, cuman kalo dalam sekaligus bisa menampung sampai 300an orang lebih lah," katanya.

Terlihat sejumlah petugas itupun, tampak memasang lampion pada area, hingga mengecat dinding-dinding yang sudah terlihat kurang cerah.

Persiapan menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2571/2020 ini, akan terus dilakukan hingga datangnya hari perayaan.

Menurut keterangan papan cagar budaya, klenteng ini sudah berdiri sejak 1829 M, yang ternyata pada beberapa bagian dalam Vihara masih banyak terdapat beberapa alat-alat yang masih asli dari dulu

"Pot Gaharu itu sudah sejak tahun 1673, kemudian Lonceng Tua Pek Kong, yang digunakan untuk bunyi-bunyi itu sudah dari tahun 178, sudah ada sekitar 200 tahun lebih," jelasnya.

Dan alat-alat itupun masih digunakan masyarakat sembahyang hingga saat ini.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved