Sumberanto Harap Pemkot Singkawang Beri Asuransi BPJS Pada Anggota Pemadam Kebakaran

Para anggota memberikan pengabdian dengan tidak digaji, tidak ada insentif, dan sebagian tidak diasuransikan karena usia di atas 60 tahun.

Sumberanto Harap Pemkot Singkawang Beri Asuransi BPJS Pada Anggota Pemadam Kebakaran
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Wakil Ketua DPRD kota Singkawang Sumberanto Tjitra saat ditemui di Kantornya 

SINGKAWANG - Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra mengatakan terdapat 8 Badan Pemadaman Kebakaran Singkawang (BPKS) di Kota Singkawang dengan jumlah anggota kurang lebih hampir mencapai 500 orang.

Para anggota memberikan pengabdian dengan tidak digaji, tidak ada insentif, dan sebagian tidak diasuransikan karena usia di atas 60 tahun.

Sementara diketahui anggota di atas usia itu cukup banyak, karena mereka sudah berkarya atau menjadi anggota ataupun pengurus sejak masih muda.

"Saya berharap semua anggota tetap BPKS dapat menerima BPJS Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) supaya bila terjadi musibah dalam menjalankan tugas, sudah ada fasilitas kesehatan buat mereka," katanya, Jumat (22/11/2019).

Pemkot Singkawang Ajak Jalin Sinergisitas Bangun Sistem Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla

Selama ini BPKS memang mendapat bantuan pemerintah, dengan termin 2 tahun sekali melalui bantuan sosial (bansos) karena bansos tidak boleh dilakukan berturut-turut setiap tahun.

Sebetulnya ada cara lain, dengan cara hibah sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 13 Tahun 2018 tentang tata cara penyaluran dana hibah.

Dalam aturan ini hibah kepada organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum Indonesia, diberikan kepada organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum yayasan atau organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum.

Untuk sementara wali kota bisa menerbitkan Perwako memuat bantuan dana hibah bagi BPKS, agar mereka bisa menerima bantuan setiap tahun.

Sumberanto juga mengusulkan Pemkot Singkawang memberikan penghargaan kepada BPKS-BPKS di Kota Singkawang, sebagai dukungan dan motivasi serta apresiasi atas kinerjanya selama ini.

"Semoga perjuangan para pejuang pemadam api Singkawang mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Singkawang," harap Sumberanto.

Halaman
123
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved