Pemkot Akan Kelola TPA Berwawasan Lingkungan

Wali Kota Pontianak Edi Kamtono menuturkan sebagai upaya untuk terus menekan volume sampah di Kota Pontianak

Pemkot Akan Kelola TPA Berwawasan Lingkungan
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dalam Rapat Paripurna ke-24 masa persidangan III DPRD Kota Pontianak di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Pontianak, Jumat (9/8/2019) siang. Rapat beragendakan pendapat akhir Wali Kota Pontianak dan persetujuan bersama antara Wali Kota Pontianak dengan DPRD Kota Pontianak terhadap 1 rancangan peraturan daerah usul DPRD Kota Pontianak tentang pengaturan wilayah reklame dan 5 rancangan peraturan daerah usul kepala daerah kota Pontianak. 

Pemkot Akan Kelola TPA Berwawasan Lingkungan

PONTIANAK - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menuturkan sebagai upaya untuk terus menekan volume sampah di Kota Pontianak, pihaknya akan memperbanyak bank-bank sampah baik di sekolah-sekolah dan perkantoran di Kota Pontianak.

Ia menilai seharusnya sampah rumah tangga yang akan dibuang sudah dipilah mana sampah organik, anorganik maupun sampah plastik.

"Pemerintah kota nanti akan memperbanyak bank-bank sampah. Baik bank sampah mini maupun bank sampah induk," ujarnya.

Ia juga menilai penataan TPA secara bertahap juga akan terus dibenahi dan ditingkatkan. Sistem pengolahan TPA dengan open dumping menjadi control landfill.

Baca: Kemendikbud Adakan Pekan Kebudayaan Nasional di Jakarta, Ikutan Yuk

Baca: Dosen UBSI Pontianak Terapkan Media Pembelajaran Interaktif Pada Anak TPA Baitul Wustha

Baca: Bupati Landak Hibahkan Bus Angkutan Untuk Desa Hilir Kantor

Sistem control landil di TPA adalah sampah yang datang setiap hari diratakan dan dipadatkan dengan alat barat. Sampah dipadatkan menjadi sebuah sel. Kemudian, sampah yang sudah dipadatkan tersebut dilapisi dengan tanah setiap lima atau seminggu sekali.

"Langkah Strategisnya adalah kita ingin menjadikan TPA yang ada saat ini sebagai TPA yang berwawasan lingkungan, sehingga keberadaan TPA tidak lagi mencemari kawasan sekitarnya," ujarnya.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved