Breaking News:

Siswa Mengenal Nusantara, 25 Pelajar Bali Kunjungi RKB BNI Pontianak

Tu Ayu Rani Puspitasari, peserta SMN 2019 mengatakan berkunjung ke RKB merupakan pelamanan pertamanya.

Penulis: David Nurfianto | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MIA MONICA
25 Pelajar Bali Kunjungi RKB BNI Pontianak 

Siswa Mengenal Nusantara, 25 Pelajar Bali Kunjungi RKB BNI Pontianak

PONTIANAK - BNI memfasilitasi kunjungan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Bali di Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI yang berada Jalan Sutan Syahrir No 5 Kota Pontianak, Senin (19/8).

Wakil pemimpin wilayah Banjarmasin Bidang Layanan Area Kalbar, Kartiko Sri Wijayanto mengatakan sebanyak 25 pelajar asal Bali tersebut, selama sepekan akan dikenalkan dengan potensi daerah melalui interaksi langsung dengan komponen pemerintahan dan masyarakat.

“Program tersebut dimulai dengan kunjungan ke RKB BNI di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kalbar. Program yang sudah memasuki tahun kedua sejak tahun 2018 ini melibatkan sejumlah perusahaan milik negara, di antaranya ada Bank BNI, PTPN XIII, PT Askrindo, PT Perindo, Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Kimia Farma. Program ini juga sejalan dengan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapabilitas SDM Indonesia,” ujar Kartiko Sri Wijayanto.

Baca: Sudah Puluhan Tahun Berdiri, Yuhdi: MIS Al Muhajirin belum Mendapat Perhatian Pemerintahan

Baca: Dua Pria Diamankan, Bantu Tindak Penggelapan Sepeda Motor

RKB Merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM dan UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM dan UMKM. 

“Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, Kementrian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM dan UMKM menjadi UKM dan UMKM Indonesia yang berkualitas,” tambah Kartiko Sri Wijayanto.

Kartiko mengatakan Program SMN  sendiri merupakan rangkaian kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri, yang digagas Kementerian BUMN untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus dengan tujuan menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada pelajar. 

“Dalam kunjungannya ke RKB BNI, para peserta SMN di berikan pengetahuan sekilas terkait tentang produk-produk UKM dan UMKM yang ada di Pontianak, Bagaimana cara pembuatan dan teknik pemasarannya. BNI turut hadir mengedukasi para pelajar tentang pentingnya membangun jiwa wirausaha untuk menghasilkan produk-produk yang dapat bersaing baik di pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri,” jelasnya.

Salah satu Guru pendamping dari Bali Made Dewi mengatakan dengan adanya kunjungan SMN ke RKB dapat lebih memotivasi siswa untuk semangat berwirausaha.

“Kebetulan memang saya guru Ekonomi dan berkaitan dengan kewiraushaan, jadi dengan adanya wadah yang disediakan seperti ini lengkap dengan pelatihan dan pembiaan, dapat mengembangkan kreatifitas anak muda,” ucap Kartiko Sri Wijayanto.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved