342 Kursi SMPN Tak Terisi, PPDB Gelombang II hanya Capai 80 Persen

Ia pun memastikan tidak ada lagi pembukaan PPDB untuk selanjutnya dengan berakhirnya gelombang kedua.

342 Kursi SMPN Tak Terisi,  PPDB Gelombang II hanya Capai 80 Persen
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Hari pertama proses penerimaan peserta didik baru gelombang kedua masih berlangsung untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kota Pontianak, Senin (15/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Kebijakan gelombang kedua sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) belum cukup efektif mereduksi jumlah sekolah kekurangan siswa.Tahun ini, hanya ada 14 dari total 28 SMP negeri di Kota Pontianak yang mampu memenuhi 100 persen pagu siswa.

Dari data Disdik Kota Pontianak menyebutkan, jumlah kursi di jenjang pendidikan SMP di Kota Pontianak dibuka 5.700 kursi, namun itu belum mencukupi. Maka dibuka gelombang kedua dan itu hanya mampu terisi 80 persen sedangkan 20 persen atau sekitar 342 kursi tak terisi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdik Kota Pontianak, Syahdan mengakui memang ada beberapa sekolah yang tidak terpenuhi jumlah kursi penerimaan siswa baru tersebut. "Kita memastikan evaluasi akan dilakukan guna penyelenggaraan PPDB tahun depan," ujarnya, Senin (22/7/2019).

Seperti diketahui PPDB di Kota Pontianak hingga buka dua kali. PPDB gelombang kedua ini berbeda dengan yang pertama. Perbedaannya pada pembagian jalur, yakni tahap pertama jalur zonasi sebesar 80 persen, kemudian prestasi 15 persen dan mutasi lima persen.

Baca: Kejati Kalbar Masih Kejar 10 DPO, Sudah Terima SPDP Tipikor Bengkayang dan Melawi

Baca: Pemkot Sediakan Wifi Gratis di Taman Kota, Dukung Kreativitas Milenial

Sementara itu, untuk PPDB gelombang kedua, hanya diberlakukan dua jalur, yakni zonasi sebesar 60 persen, dan 40 persennya jalur prestasi. “Akan kami evaluasi terkait dengan zonasi pada PPDB tahun ini,” tandas Syahdan.

Ia pun memastikan tidak ada lagi pembukaan PPDB untuk selanjutnya dengan berakhirnya gelombang kedua. Mereka yang sudah diterima pun dipastkan langsung aktif belajar.

“Hari ini mereka mulai aktif belajar,” ujarnya

Data Disdik Kota Pontianak menyebutkan, SMP yang membuka PPDB gelombang kedua adalah SMPN 4 dan berhasil menarik 36 orang siswa, kemudian SMPN 6 sebanyak 55 orang siswa, SMPN 8 sebanyak 54 orang siswa, SMPN 10 sebanyak 31 orang siswa, dan SMPN 11 sebanyak 87 orang siswa.

Kemudian, SMPN 13 sebanyak 64 orang siswa, SMPN 17 sebanyak 60 orang siswa, SMPN 18 sebanyak 24 orang siswa, SMPN 22 sebanyak 112 orang siswa, SMPN 23 sebanyak 101 orang siswa, SMPN 24 sebanyak 108 orang siswa, SMPN 26 sebanyak 48 orang siswa, dan SMPN 29 sebanyak 51 orang siswa.

Sementara SMPN yang kuota siswa barunya yang tidak terpenuhi pada tahap dua PPDB adalah SMP 4 yakni 29 kursi, SMP 6 masih 43 kursi, SMP 8 masih 48 kursi, SMP 23 masih 78 kursi, SMP 29 masih 44 kursi, dan SMP 22 masih 100 kursi yang tak terisi.

“Untuk ruang belajar yang kosong karena rombongan belajar tidak terpenuhi sepenuhnya akan dikembalikan menjadi kebijakan sekolah,” ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved