Pemda Dituntut Menyediakan Data Berkualitas dan Mudah Diakses Masyarakat

“Hal ini juga merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi penyebaran berita bohong atau hoax ditengah masyarakat,” ucapnya.

Pemda Dituntut Menyediakan Data Berkualitas dan Mudah Diakses Masyarakat

KAPUAS HULU - Asisten I Setda Kabupaten Kapuas Hulu, H. Muhammad Yusuf menyatakan, keterbukaan informasi menjadi akses bagi publik untuk melaksanakan fungsi kontrol dan pengawasan terhadap jalannya Pemerintahan.

“Saat ini kebutuhan masyarakat terhadap keterbukaan informasi dan data yang semakin meningkat,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (3/5/2019).

Dalam hal ini, jelas Muhammad Yusuf Pemerintah daerah selaku penyelenggara urusan publik tentu akan semakin dituntut untuk melakukan peningkatan kinerja, khususnya dalam menyediakan data yang berkualitas dan mudah untuk diakses masyarakat.

Baca: Fakta Terkuak Kekejian Oknum PNS Kalbar Sekap dan Siksa Putri Pengamen di 2 Tempat Berbeda

Baca: Bawaslu Sanggau Tanggani 21 Dugaan Pelanggaran, Enam Diantaranya Dugaan Politik Uang

Baca: High Cost, Biaya Transportasi ke Papua Bisa Tembus Rp 12 Juta per Orang

“Hal ini juga merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi penyebaran berita bohong atau hoax ditengah masyarakat,” ucapnya.

Transparansi atau keterbukaan informasi tentunya sangat berhubungan erat dengan ketersediaan data yang lengkap dan berkualitas. Tidak dipungkiri kelemahan data yang terjadi selama ini harus disikapi serius semua pihak.

“Ini disebabkan belum terdapat konsistensi ketersediaan data. Kemudian bukti yang kurang sesuai atau kurang lengkap, sehingga data yang tersedia menjadi lemah,” ujarnya.

Yusuf menuturkan, dalam membangun transparansi tentu hal-hal semacam ini perlu mendapat perhatian bersama, sehingga publik selaku pengguna informasi tidak terjebak pada data yang salah.

"Efek buruk data yang salah, lebih jauh lagi akan mengakibatkan kepercayaan publik kepada Pemerintah daerah menjadi luntur,” ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved