High Cost, Biaya Transportasi ke Papua Bisa Tembus Rp 12 Juta per Orang

Sekum Koni Kalbar Erwin Anwar memaparkan gambaran tingginya biaya pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020 mendatang

High Cost, Biaya Transportasi ke Papua Bisa Tembus Rp 12 Juta per Orang
TRIBUNPONTIANAK/WAHIDIN
Sekretaris Umum KONI Kalimantan Barat, Erwin Anwar . 

High Cost, Biaya Transportasi ke Papua Bisa Tembus Rp 12 Juta per Orang

PONTIANAK - Sekretaris Umum (Sekum) Koni Kalbar Erwin Anwar memaparkan gambaran tingginya biaya pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020 mendatang. Ia mencontohkan untuk biaya transportasi menuju Papua saja bisa mencapai Rp 12 juta rupiah.

Erwin mengatakan PON 2020 Papua merupakan PON dengan lokasi terjauh yang diikuti Kalimantan Barat, dari edisi-edisi sebelumnya. Bahkan bagi beberapa provinsi akan terasa sangat jauh, misalnya Aceh.

"PON 2020 ini adalah PON yang unik. Pertama ini adalah PON paling jauh selama ini dan membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Untuk transportasi saja dari Jakarta ke Papua bisa mencapai Rp 10 juta perorang, kalau hitungan dari Pontianak bisa Rp 12 juta," ujar Erwin Anwar saat menghadiri Raker Anggota Koni Pontianak Kamis (2/5/2019).

Baca: Rayakan Hari Bumi Relawan RebonK Tanam 320 Bakau di Pesisir Pantai Pasir Mayang

Baca: Bawaslu Sanggau Tanggani 21 Dugaan Pelanggaran, Enam Diantaranya Dugaan Politik Uang

Baca: Tradisi Jelang Ramadan, Warga Berziarah ke Makam Keluarga

Biaya ini lanjutnya, belum termasuk untuk akomodasi dan konsumsi. Oleh karena itu PON kali ini sangat high cost. Sementara untuk pelaksanaan beberapa Cabor nantinya di Papua akan digelar di sejumlah distrik.

"Informasinya untuk transportasi antar distrik akan ditanggung PB PON," ungkapnya

Kemudian lanjutnya selain high cost pelaksanaan PON Papua tetap memiliki resiko tinggi, meski panitia telah menjamin soal keamanan.

Dengan kenyataan beberapa faktor di atas , maka Koni Kalbar menjadikan landasan untuk mengutus hanya Cabor potensial potensi medali untuk diberangkatkan pada PON 2020 mendatang di Papua.

Penulis: Zulkifli
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved