Komisi Informasi Kalbar Nilai Balitbang Kalbar Semangat Berikan Layanan Informasi

Chatarina Pancer Istiyani menyatakan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Balitbang Provinsi Kalbar

Komisi Informasi Kalbar Nilai Balitbang Kalbar Semangat Berikan Layanan Informasi
TRIBUNPONTIANAK/Hamdan
Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Balitbang Provinsi Kalbar 

Komisi Informasi Kalbar Nilai Balitbang Kalbar Semangat Berikan Layanan Informasi

PONTIANAK - Koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Provinsi Kalbar Chatarina Pancer Istiyani menyatakan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Balitbang Provinsi Kalbar untuk melakukan monitoring dan evaluasi implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Selain itu, pihaknya juga ingin melihat Sejauh mana Badan Publik sudah mengimplementasikan terkhusus kewajibannya, yaitu memberikan pelayananinformasi publik.

"Saya melihat bagaimana Balitbang Provinsi Kalbar ini memiliki semangat dan kegembiraan dalam menjalankan pelayanan informasi, hal ini bisa saya lihat bagaimana mereka sudah menyediakan hard desk dan front desk untuk PPID dan juga sudah ada tempat menunggu (ruang tunggu), " ujarnya.

Baca: Sukses Gelar Sidang Itsbat Nikah Terpadu Tahun 2019, Pemda Sekadau Ajak Kegiatan Berlanjut

Baca: Viral Foto Motor Polisi Ganjal Truk Kontainer yang Alami Rem Blong di Jembatan Kapuas 2

Baca: Fakta-fakta & Kronologi Ayah Tiri di Kalbar Habisi Anaknya Seusai Persetubuhan Terlarang

Ia juga menuturkan website kita lihat sendiri blanko-blanko, juga kemudian bahkan daftar-daftar informasi publik juga sudah ada.

"Mereka sudah bekerja dengan baik namun demikian tentu saja masih ada hal-hal yang perlu diperhatikan, misalnya konten dari website yang terkait dengan keuangan dan LAKIP, " ujarnya

Selain itu, menurutnya hal-hal atau informasi yang berkala bisa ditambahkan di website, agar informasi ini yang diberikan sungguh keterbukaan, hingga ke persoalan-persoalan yang memang mereka alami dan mereka lakukan, mereka emban, mereka menjalankan tugasnya. Sehingga tupoksi mereka bisa kita rasakan dampaknya disitu, ketika mereka sudah memberikan informasi publik.

"Apa yang sudah mereka kerjakan dan bahkan juga rencana-rencana itu juga menjadi konten penting untuk website mereka," ujarnya

Kendati demikian, masih ada yang harus ditambahkan misalnya fornt desk, bagaimana mereka menerima tamu itupun juga sebenarnya juga kita ingin tahu, tapi jika melihat dari suasana yang disediakan di balitbang kalbar tentu saja tidak terlepas dari peran PPID Pembantu disini. Peran PPID untuk memberikan pelayanan secara langsung maupun melalui website.

Dirinya melihat PPID disetiap Badan atau OPD itu dilaksanakan oleh Sekretaris di Instansi. Ini sangat jauh dari dua tahun yang lalu.

"Saya melihat mereka (Balitbang Kalbar) belum punya website waktu itu atau websitenya sudah ada tapi tidak di update begitu ya. Sekarang ini update, agenda juga ada berita-berita bahkan film juga ada, menjadi konten cukup menarik dan representatif menggambarkan kinerja mereka," pungkasnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved