Breaking News:

TRIBUN WIKI

Tahukah Kamu? Ada 6 Warisan Budaya Tak Benda Dari Pontianak

Saat ini setidaknya sudah ada enam Warisan Budaya Tak Benda telah diakui negara yang berasal dari Kota Pontianak.

Penulis: Syahroni | Editor: Marpina Sindika Wulandari
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Seluruh tamu undangan dan masyarakat menikmati hidangan makan secara saprahan di acara Pesona Kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa, Jalan Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (21/3/2019) siang. Berbagai kegiatan menarik dikemas dalam peringatan kulminasi periode 21-23 Maret 2019 ini. 

Tahukah Kamu? Ada 6 Warisan Budaya Tak Benda Dari Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Saat ini setidaknya sudah ada enam Warisan Budaya Tak Benda telah diakui negara yang berasal dari Kota Pontianak.

Pemkot Pontianak sangat getol dalam memperjuangkan warisan budaya setempat untuk dapat diakui. 

Beberapa tahun belakangan ini,  selalu diajukan warisan budaya yang ada termasuk makanan.

Baca: Kementerian Tetapkan 9 Budaya Kalbar Warisan Tak Benda

Enam warisan tak benda yang saat ini telah diakui sebagai warisan budaya dari Kota Pontianak  adalah:  

1.     Meriam Karbit

Warga menyulut meriam karbit di tepian sungai kapuas, kawasan banjar Serasan, pontianak, Kalbar, Sabtu (24/6/2017). Permainan meriam karbit merupakan tradisi masyarakat kota Pontianak yang dibunyikan pada malam takbiran. Seiring berjalannya waktu, permainan meriam karbit kemudian diperlombakan yang dikemas dalam festival meriam karbit yang di gelar Forum Meriam Karbit bekerjasama dengan pemerintah kota Pontianak, pada festival meriam karbit Idul fitri 1438H ini di ikuti oleh 259 batang meriam karbit yang terbagi dalam 44 kelompok.
Warga menyulut meriam karbit di tepian sungai kapuas, kawasan banjar Serasan, pontianak, Kalbar, Sabtu (24/6/2017). Permainan meriam karbit merupakan tradisi masyarakat kota Pontianak yang dibunyikan pada malam takbiran. Seiring berjalannya waktu, permainan meriam karbit kemudian diperlombakan yang dikemas dalam festival meriam karbit yang di gelar Forum Meriam Karbit bekerjasama dengan pemerintah kota Pontianak, pada festival meriam karbit Idul fitri 1438H ini di ikuti oleh 259 batang meriam karbit yang terbagi dalam 44 kelompok. (TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA)

2.     Corak Insang

Wali Kota pontianak, Edi Kamtono dan Ketua Dekranasda Pontianak, Yanieta Arbiastuti Edi Kamtono poto bersama beberapa paragawati yang mengenakan fashion Corak Insang.
Wali Kota pontianak, Edi Kamtono dan Ketua Dekranasda Pontianak, Yanieta Arbiastuti Edi Kamtono poto bersama beberapa paragawati yang mengenakan fashion Corak Insang. (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA)

3.     Arakan Pengantin

Baca: Video Drone Arakan Pengantin Melayu

Rombongan dari Dinas Budparpora Kabupaten Kubu Raya turut memeriahkan arakan pengantin Melayu di Jl Rahadi Osman, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (25/10/2014). Kegiatan ini sebagai rentetan peryaan ulang tahun Kota Pontianak ke 243.
Rombongan dari Dinas Budparpora Kabupaten Kubu Raya turut memeriahkan arakan pengantin Melayu di Jl Rahadi Osman, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (25/10/2014). Kegiatan ini sebagai rentetan peryaan ulang tahun Kota Pontianak ke 243. (Tribun Pontianak/Destriadi Yunas Jumasani.)

4.     Saprahan

Peserta menata sajian saat Festival Saprahan Melayu Kota Pontianak dalam rangka Hari Jadi Kota Pontianak ke 247 di Pontianak Convention Center, Jalan Sultan Abdurrahman, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (17/10/208) siang. Dalam Festival Saprahan tahun ini diikuti 30 kelompok penyaji saprahan. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Peserta menata sajian saat Festival Saprahan Melayu Kota Pontianak dalam rangka Hari Jadi Kota Pontianak ke 247 di Pontianak Convention Center, Jalan Sultan Abdurrahman, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (17/10/208) siang. Dalam Festival Saprahan tahun ini diikuti 30 kelompok penyaji saprahan. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ DESTRIADI YUNAS JUMASANI)

5.     Pacri Nanas

Jimmy Ibrahim menunjukkan paceri nanas yang dijual disebuah rumah makan.
Jimmy Ibrahim menunjukkan paceri nanas yang dijual disebuah rumah makan. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA)

6.     Sayur Keladi

Kini Pemerintah Kota Pontianak sedang mengajukan Asam Pedas untuk mendapat pengakuan Negara, sebagai warisan budaya tak benda berasal dari Pontianak. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved