Mesin ATM Dibongkar

Hasil Identifikasi Pembobol ATM BRI Tanjung Raya II, Kapolresta: Pelaku Masih Amatir

Sebuah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berada di Samping Pasar Pagi

Hasil Identifikasi Pembobol ATM BRI Tanjung Raya II, Kapolresta: Pelaku Masih Amatir
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Seorang warga melihat mesin ATM BRI yang dibongkar.   

Hasil Identifikasi, Pelaku Pembobol ATM BRI Tanjung Raya II, Masih Amatir dan Pemain Baru

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebuah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berada di Samping Pasar Pagi, Jalan Tanjung Raya mengalami rusak parah akibat pembobolan yang dilakukan oleh oknum yang sampai saat ini masih dalam pengembangan pihak kepolisian.

Kapolres Kota Pontianak, Kombes Pol M Anwar Nasir  langsung turun kelokasi kejadian perkara untuk melihat dan menyaksikan langsung proses identifikasi yang dilakukan oleh tim inafis.

"Kejadian ini sekitar pukul 02.19  WIB berdasarkan rekaman CCTV.  Pelaku saat melakukan aksinya mengenakan jaket hitam, helem hitam  dan celana hitam serta mengendarai sepeda motor," ucap Kapolresta Pontianak, Kombes Pol M Anwar Nasir saat diwawancarai awak media, Selima (26/3/2019).

Baca: VIDEO: Bupati Rupinus Nyalakan Obor, Buka Perkemahan Lomba Gudep Terampil Kwarcab Sekadau

Baca: FOTO: Dewan Kehormatan Komisi Pemilihan Umum (DKKPU) Sampaikan Materi Kode Etik Terkait Pemilu

Baca: Usai Heboh Tak Pakai Bra, Nikita Mirzani Tampil Basah-basahan Saat di Kantor Polisi

Baca: TRIBUN WIKI:Luas Daratan Desa Sungai Durian 42,5 Km² , Terdiri 5 Dusun, 5 RW dan 27 RT

Ia menegaskan saat ini pelaku sudah teridentifikasi dan masih dalami untuk identifikasi wajahnya  yang bersangkungan. Sedangkan mengenai sepeda motor, ia tak mau menjelaskan secara gamblang karena kasus masih dalam pengembangan dan pengejaran pelakunya.

Didalam ruangan terdapat  tiga  mesin ATM, ada BRI, BTN dan Mandiri. Pelaku juga sempat merusak instalasi CCTV ATM Mandiri dan memporak porandakan mesin ATM BRI

Beberapa barang bukti yang diamankan pihak kepolisian berupa sebuah batako, kayu reng dengan panjangan sekitar 60 CM dan patahan  linggis yang tersangkut di berangkat karena patah dan diduga saat pelaku memaksa membukanya.

"Pelaku menggunakan linggis untuk membobol berangkas ATM dan linggisnya patah. Kerugian saat ini masih kita selidiki, karena yaang bersangkutan belum berhasil membuka berangkas dari ATM itu," ucapnya.

Sementara pihak kepolisian terus   mencari bukti-bukti lainnya untuk mengecar pelaku yang sejuah ini masih teridentifikasi satu orang.

Dari aksi yang dilakukan pelaku pembobolan ATM setelah olah TKP, disimpulkannya bahwa pelaku merupkan pemain baru atau masih amatir.

"Kalau melihat dari olah TKP, pelaku masih pemula dilihat dari cara kerjanya  dan kejadian ini harus diantisipasi, jangan sampai yang bersangkutan belajar dari kegagalan ini sehingga mencoba lagi," jelasnya.

Kejadian ini harus dijadikan pelajaran pada pihak perbankan dalam mengamankan ATM yang ada, jangan sampai ada kejadian selanjutnya akibat pengaman yang lemah.

Anwar menceritakan seperti ATM bersama yang baru saja dibobol pelaku kejatahan tidak ada penjagaan saat malam dan lokasinya juga sepi.

"Sementara dari pekeriksaan dilokasi memang tidak ada penjagaan malam baik ruko maupun dari pasar . Ini harus dievaluasi juga terhadap pengamanan ATM yang lainnya," ujar Kombes Pol Anwar Nasir..

Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved