Pileg 2019

Agar Dapat Perhatian Masyarakat, Pengamat: Partai Baru Perlu Terobosan Baru

Partai-partai baru seperti PSU tentunya memiliki kans yang sama dengan seluruh partai politik yang ikut pemili 2019 ini.

Agar Dapat Perhatian Masyarakat, Pengamat: Partai Baru Perlu Terobosan Baru
NET
Pengamat Politik dan Pemerintahan, Ab Tangdililing 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik Untan Prof DR A. B Tangdililing menilai sebagai partai baru yang berkompetisi pada pileg 2019 tentunya memiliki harapan dapat lolos Parlemantary Treshold (PT) hal tersebut sebagai target agar dapat ikut serta menjadi bagian dari DPR RI dengan meraih kursi sebanyak-banyaknya.

"PSI sebagai partai baru yang terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung. JIka sosialisasinya gencar dan massif tentu berpeluang juga mendapat suara dan mendapatkan kursi serta lolos PT," terang Tangdililing, Kamis (27/9/2018).

Bukanhanya di PSI, lanjut dia akan tetapi partai baru lainnya seperti Perindo juga punya peluang mengingat mereka telah lama dan intens mensosialisasikannya ke masyarakat.

Baca: Seminar Penanggulangan Karhutla, Kodam XII TPR Libatkan Ratusan Mahasiswa

Kendati demikian sebagai partai baru tentunya PSI dan Perindo akan lebih berat lantaran para partai lama juga intens dan gencar untuk sosialiasinya kepada masyarakat.

"Jika citra partai baik, figur yang diusung juga baik mulai dari level nasional hingga ke daerah bukan tidak mungkin PSI dapat memperoleh suara dan mendapatkan kursi. Citra dari figur yang ditampilkan juga menentukan perolehan suara partai," tambahnya.

Baca: Sempat di Skor, DPRD Setujui APBD Perubahan Sambas

Kita bisa melihat apa yang terjadi pada partai nasdem saat pertama kali ikuti pemilu, nasdem mampu meraih suara yang cukup besar sebagai pendatang baru di belantika perpolitikan nasional.

Partai-partai baru seperti PSU tentunya memiliki kans yang sama dengan seluruh partai politik yang ikut pemili 2019 ini. Tagline yang diusung oleh PSI sebagai partai Milenial bisa saja mempengaruhi perolehan suara pada pileg mendatang.

"PSI harus segera merumuskan terobosan baru. Harus ada slogan-slogan baru yang nantinya dapat meraih perhatian dari masyarakat. Kalau itu bisa dilakukan bukan tidak mungkin Partai Solidaritas Indonesia dapat meraih target yang telah ditetapkan," tukasnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved