Aswandi Minta Lulusan Untan Tak Hanya Bergantung Pada Penerimaan PNS 

Pengamat Pendidikan Untan, DR Aswandi berharap para wisudawan-wisudawati Untan yang baru diwisuda untuk tidak hanya menggantungkan...

Aswandi Minta Lulusan Untan Tak Hanya Bergantung Pada Penerimaan PNS 
ISTIMEWA
Wakil Rektor Bagian Akademik Untan, Dr Aswandi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Pengamat Pendidikan Untan, DR Aswandi berharap para wisudawan-wisudawati Untan yang baru diwisuda untuk tidak hanya menggantungkan pekerjaan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Para sarjana diharapkan mampu menciptakan peluang-peluang baru dalam membuka kesempatan kerja.

“Jadi, bukan hanya kerja saja, tapi menciptakan pekerjaan. Itu yang paling bagus ketimbang menjadi pengangguran dan menunggu kesempatan menjadi PNS,” ungkapnya saat diwawancarai Tribun Pontianak, Kamis (26/4/2018) malam.

Baca: Puluhan Pengendara Terjaring Operasi Patuh Kapuas Hari Pertama

Aswandi menimpali bahwa sejak masa perkuliahan setiap mahasiswa dan mahasiswi diajarkan menciptakan pekerjaan, bukan mencari pekejraan.

“Tapi tidak mudah karena kita kadang-kadang tidak terbiasa dari berusaha dari hal-hal kecil untuk memulainya,” terangnya.

Kendati mau menjadi pegawai, ia berharap para sarjana bekerja sesuai bidang kemampuan dan keahlian masing-masing di luar profesi PNS. Jika hanya ingin menjadi PNS, ia mengaku pesimis lantaran peluang sangat terbatas. Ia takut malah harapan menjadi PNS malah menjadi sebuah kekecewaan besar karena kompetisi sangat ketat.

Baca: Untan Mewisuda 1.413 Lulusan, Ayu Bangga Predikat Cumlaude IPK 4.00

“Keinginan untuk jadi PNS itu tidak realistis. Kenapa saya katakan demikian, karena tidak ada pengangkatan PNS. Yang mungkin ada pengangkatan itu hanya tenaga guru dan tenaga medis, posisi yang lainnya terbatas. Itu pun mengganti yang pensiun,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: listya sekar siwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved