Pilgub Kalbar

Karolin Harap Masyarakat Manfaatkan Peluang Keberadaan PLBN di Sambas

Ini sangat tragis melihat kondisi PLB Aruk-Sajingan, apalagi mengingat kita sudah menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Karolin Harap Masyarakat Manfaatkan Peluang Keberadaan PLBN di Sambas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Cagub Kalbar nomor urut 2, Karolin Margret Natasa. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut dua, dr. Karolin Margret Natasa mengharapkan masyarakat kabupaten Sambas bisa memanfaatkan peluang besar dari keberadaan PLBN Aruk untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Keberadaan border Aruk menjadi peluang besar bagi masyarakat Sambas untuk meningkatkan perekonomiannya. Kita melihat Border ini sebagai sebuah peluang besar, sebelum Border terbuka, Sambas bisa dikatakan sebagai daerah mati, karena sebagai daerah terujung, tentu orang datang Sambas hanya untuk berkunjung kesana dan bukan daerah lintasan," kata Karolin di Sambas berdasarkan rilis yang diterima pada Rabu (14/03/2018).

Baca: Karolin Komit Tingkatkan Berbagai Program dan Subsidi di Bidang Pertanian

Menurutnya, dengan adanya border, maka ada akses baru untuk arus lalu lintas barang dan orang sehingga pemerintah memperjuangkan supaya akses perbatasan bisa dipermudah agar bisa diikuti perekonomian masyarakat yang semakin terbuka.

"Saya yakin pak Presiden Jokowi memiliki harapan yang sama dimana border ini bukan hanya sekedar pintu keluar masuk keluar negeri, tetapi lebih dari itu, border bisa menjadi akses peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Baca: Karolin Dorong Hak Paten Pengrajin Kain Songket Sambas

Mantan anggota DPR itu menambahkan, Permasalahan perbatasan memang tidak sederhana.

Di satu sisi, keinginan pemerintah mempermudah akses serta menyejahterakan rakyat di kawasan lintas batas negara sangat tinggi, namun di sisi lain, hambatan birokrasi masih sering serupa tembok tebal.

"Untuk itu diperlukan suatu regulasi yang benar-benar pas agar antara keinginan dan kondisi dilapangan bisa sejalan. Ini tentu menjadi PR bagi kita agar keberadaan PLBN yang sudah dibangun di Kalimantan Barat, khususnya di Aruk Sambas ini bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Karolin.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help