TribunPontianak/

KPU Singkawang Buka Pendaftaran Calon PPK dan PPS

KPU Singkawang mulai membuka pendaftaran calon anggota panitia pemungutan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk pelaksanaan

KPU Singkawang Buka Pendaftaran Calon PPK dan PPS
Net
KPU. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - KPU Singkawang mulai membuka pendaftaran calon anggota panitia pemungutan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat 2018.

"Sebagaimana dengan tahapan Pilgub, bahwa pengumuman pendaftaran PPK dan PPS sudah diumumkan hari Kamis. Kemudian, pendaftaran dan pengembalian formulir akan dimulai pada Jumat-Selasa (13 sampai 17 Oktober 2017)," ujarnya, Kamis (12/10/2017).

(Baca: Tak Serahkan Dokumen, Partai Terancam Gagal Ikut Pemilu )

Ia mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kota Singkawang khususnya yang memenuhi syarat untuk dapat kiranya ikut berperan serta sebagai penyelenggara badan Adhoc baik di tingkat PPK maupun PPS.

"Dengan sudah diumumkannya secara resmi pada Kamis ini kita berharap masyarakat semakin antusias menyikapi dan mengambil formulirnya," ujarnya.

(Baca: 10 Persen Penderita Gangguan Mata Anak Usia Sekolah )

Ia menjelaskan untuk persyaratan menjadi calon anggota PPK dan PPS itu, terdapat setidaknya 11 persyaratan yang harus dipenuhi calon PPK dan PPS.

"Syaratnya antara lain, pertama, warga negara Indonesia, kedua, berusia 17 tahun terhitung sejak pendaftaran. Ketiga, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara RI tahun 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Keempat, mempunyai Integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, dan kelima, tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling kurang dalam jangka waktu lima tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan," katanya.

(Baca: Gratis! Ombudsman Buka Pendaftaran Jalan Sehat )

"Keenam, berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS. Ketujuh, mampu secara jasmani dan rohani. Kedelapan, berpendidikan paling rendah SLTA atau sederajat. Kesembilan, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan keputusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam memeroleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana diancam pidana lima tahun atau lebih. Sepuluh, tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian oleh KPU Kabupaten/Kota atau DKPP. Dan sebelas, belum pernah menjabat dua periode yakni periode pemilu 2005-2009 (pertama) dan 2010-2014 (kedua)," lanjutnya.

(Baca: Pemilihan Ulang Tertunda, Bupati Mempawah Panggil Calon Kepala Desa )

Ia berharap anggota yang terpilih nanti dapat bekerja dengan baik dalam menjalankan proses demokrasi.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help