Potensi Cuaca Ekstrem Di Kalimantan Barat, BMKG Imbau Warga Waspada

Adapun diperkirakan cuaca ekstrem tersebut berupa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat dan diperkirakan terjadi d

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/BMKG KALBAR
Stasiun Meteorologi kelas I Supadio Pontianak mengungkapkan potensi cuaca ekstrem di Kalimantan Barat pada tanggal 24-31 Januari 2023. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Mengutip dari laman resmi BMKG Kalbar, potensi cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi pada tanggal 24 hingga 31 Januari 2023 mendatang. 

Adapun diperkirakan cuaca ekstrem tersebut berupa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat dan diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat. 

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Nanang Buchori mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang terjadi. 

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai terhadap dampak cuaca ekstrem yang mungkin saja terjadi seperti adanya pohon tumbang, kerusakan atap rumah akibat angin kencang, jalan licin, muncul genangan/banjir, tanah longsor dan dampak bencana hidrometeorologi lainnya," jelasnya. 

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Kalimantan Barat 24 hingga 31 Januari 2023

BMKG Prakirakan Cuaca Ekstrim Landa Kalbar, Banjir Kendawangan dan Pontianak

Potensi tersebut juga diperkirakan akan terjadi di wilayah pesisir barat Kalimantan Barat, seperti Kabupaten/Kota Sambas, Singkawang, Bengkayang, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, Kayong Utara, dan Ketapang. 

Tak hanya itu, potensi tinggi gelombang juga akan terjadi dengan gelombang kategori tinggi (2.5 -4.0 meter) berpotensi terjadi di laut Natuna. 

Sedangkan kategori sangat tinggi (4.0-6.0 meter) berpotensi terjadi di perairan Kep. Anambas, Natuna, Midai, Subi-Serasan, laut Natuna bagian Utara dan Perairan Utara Sambas, dan gelombang kategori ekstrem (>6.0 meter) berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara dan Perairan Utara Kep. Natuna. 

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved