Pola Hidup Sehat

Cek, Olahraga Khusus untuk Penyakit Ambeien !

Ambeien atau wasir adalah kondisi saat pembuluh vena di anus membengkak dan menyebabkan rasa tidak nyaman dan BAB berdarah.

Instagram
Remaja dan anak muda juga sering mengonsumsi makanan cepat saji, makanan kekinian, makanan instan, minuman manis yang rendah gizi dan minim serat lebih muda terkena ambeien. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Ambeien akan menimbulkan rasa tidak nyaman apabila sedang kambuh, bisa menimbulkan rasa sakit dan perih.

Wasir ini terjadi akibat adanya pembesaran pembuluh darah di sekitar anus yang disebabkan oleh proses pembengkakan dari pembuluh darah tersebut.

Ambeien atau wasir adalah kondisi saat pembuluh vena di anus membengkak dan menyebabkan rasa tidak nyaman dan BAB berdarah.

Namun, ada beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena ambeien, seperti riwayat ambeien dalam keluarga, sembelit, berat badan berlebih, kebiasaan mengejan terlalu keras, kehamilan, dan lainnya.

Kenali Cara untuk Menghindari Penyakit Ambeien Agar Tak Semakin Parah

Olahraga berikut ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, memperkuat otot, dan merangsang BAB, sehingga tekanan yang bisa memperburuk kondisi ambeien dapat berkurang.

1. Yoga

Pertama ada yoga, yoga sendiri baik untuk meningkatkan peregangan pada otot perut, paha, dan area anus. Oleh karena itu, yoga sangat baik untuk mencegah sekaligus mengatasi wasir.

Gerakan yoga seperti balasana, viparita karani, pawanmuktasana, dan baddha konasana, dapat menjadi gerakan yoga untuk mengatasi wasir atau ambeien.

2. Latihan kardio

Olahraga kedua adalah latihan kardiovaskular, ada banyak jenis latihan kardiovaskular yang bisa dilakukan, seperti berenang, berjalan, berlari, atau juga treadmill.

Dengan melakukan latihan kardio intensitas ringan, ini dapat membantu penderita ambeien agar tetap aktif tanpa memperburuk kondisi wasir.

Cara Mencegah Ambeien di Usia Muda, Jangan Sepele 5 Hal Ini

3. Pelvic floor contraction

Olahraga ini juga bisa disebut kegel, yang dapat membantu memperkuat otot-otot dasar panggul. Sehingga, dapat mempermudah BAB, mengendurkan sfingter anus, dan mencegah mengejan.

Selain itu, penelitian dalam Word Journal of Gastroenterology juga menyatakan bahwa, kegel dapat menjadi salah satu latihan yang membantu mengurangi episode dan keparahan hemoroid, serta mencegah pendarahan dan prolapse.

4. Deep breathing

Biasa juga disebut pernapasan dalam, latihan ini dapat membantu meringankan ketegangan otot dasar panggul dan meningkatkan relaksasi.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu duduk tegak dan bersila dengan posisi senyaman mungkin, sambil meletakkan tangan di atas pinggang. Lalu, tarik napas dalam hingga dada kamu mengembang, lalu hembuskan. Kamu bisa melakukan latihan ini sampai 5 menit. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved