Peringati Harkodia 2022, Kakacab BPJS-TK Pontianak Ingatkan Peserta Tidak Memberikan Gratifikasi

"Kami akan menindaklanjuti surat edaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPS) nomor 18 Tahun 2022 tentang Imbauan Penyelenggaraan Kegiatan hari Anti Koru

Penulis: Maskartini | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI
Kepala Kantor Cabang Pontianak BPJS Ketenagakerjaan Ryan Gustaviana, serta karyawan karyawati dan peserta BPJS-TK bersama menyampaikan salam anti korupsi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Pontianak menggelar Peringatan Hari Korupsi Sedunia (Harkodia) 2022 di Kantor BPJS-TK Jalan Ayani Jumat 9 Desember.

Hakordia 2022 dihadiri Ryan Gustaviana selaku Kepala Kantor Cabang Pontianak BPJS Ketenagakerjaan serta karyawan karyawati dan peserta BPJS-TK.

Ryan mengucapkan terima kasih kepada peserta BPJAMSOSTEK sehingga dapat merasakan manfaat langsung dari program JHT, JP, JKK, JKM. Hal tersebut kata Ryan membuktikan bahwa negara hadir untuk perlindungan semua sebagai pekerja.

"Kami akan menindaklanjuti surat edaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPS) nomor 18 Tahun 2022 tentang Imbauan Penyelenggaraan Kegiatan hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2022 dengan mengusung tema Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi cara melaksanakan kampanye anti korupsi, menyampaikan edukasi anti korupsi kepada peserta BPJAMSOSTEK," ujarnya Jumat 9 Desember 2022.

Hari Anti Korupsi Dunia 2022, Ini Pesan Kejari Kapuas Hulu

BPJAMSOSTEK menyelenggarakan peringatan Hakordia yang juga diperingati oleh setiap negara di dunia yaitu pada tanggal 9 Desember. Ryan mengatakan akan selalu merangkul seluruh stakeholder untuk berkomitmen guna meningkatkan penerapan sistem manajemen anti penyuapan dalam rangka upaya pencegahan suap dalam bentuk apapun.

Korupsi adalah perbuatan tercela secara moral, etika, dan agama. Korupsi adalah sebuah kejahatan yang menimbulkan kerugian luar biasa bagi generasi sekarang dan mendatang

"Dalam pelayanan publik, perlu ditanamkan pemahaman tentang bahayanya korupsi, paham jika memberi uang untuk memperlancar urusan, pungli adalah bagian dari korupsi. Di sinilah pentingnya ditanamkan pemahaman anti korupsi dengan cara mengkampanyekan pencegahan tindak pidana korupsi dalam upaya memperkenalkan nilai-nilai anti korupsi kepada masyarakat," ujarnya.

Robby Warga Mempawah Terima Bantuan BP Jamsostek Berupa Tangan Palsu dan Uang Rp 300 Juta

Ia mengatakan dalam melakukan klaim JHT dapat mengajukan melalui Jamsostek Mobile, website lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id / datang langsung melalui customer service.

Sampai dengan saat ini kata Ryan, pelaporan yang banyak berupa pemberian gratifikasi yaitu saat proses pelayanan, mengingat karakteristik budaya ketimuran yang masih sangat kental di Indonesia sehingga memberikan sesuatu kepada petugas sebagai bentuk ucapan terima kasih.

"Dimohon kepada Bapak Ibu dilarang memberikan gratifikasi baik berupa uang, barang, bingkisan dalam bentuk apapun kepada kami. Apabila mendapat permintaan atau intimidasi dalam segala bentuk untuk memberikan gratifikasi, Bapak/Ibu dapat melaporkan melalui Whistleblowing System / WBS) di website wbs.bpjsketenagakerjaan.go.id , seluruh identitas pelapor WBS akan dijamin kerahasiaannya," ujarnya.

Ryan mengajak semua peserta berpartisipasi secara aktif dalam pemberantasan korupsi di semua bidang.

"Kami BPJAMSOSTEK selalu menunjukkan kepada seluruh Peserta dan para stakeholder berkomitmen untuk melawan seluruh bentuk korupsi dan melakukan aksi dengan mewujudkan tema “Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi” bersama KPK. Atas kerja sama yang baik antar kita semua, semoga menjadi salah satu langkah keberhasilan dalam pemberantasan korupsi," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved