Majukan Pariwisata Kalbar Lewat Digital Merketing Lewat Mbak Kepo dan e-TIC

Kalbar Sports and Creative Fest 2022 diadakan dengan maksud untuk memberi ruang kreasi bagi para pemuda, pelaku olahraga, pariwisata dan ekraf...

Penulis: Anggita Putri | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Didampingi Direktur Pemasaran Nusantara, Deputi Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf RI, secara simbolis Sekda Harisson, Kadisporapar Kalbar meluncurkan Paket Desa Wisata Kalbar onboarding di aplikasi Mister Aladin oleh Kemenparekraf RI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gelaran Kalimantan Barat (Kalbar) Sports and Creative Fest 2022 yang merupakan program inovasi dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar mendapat apresiasi tinggi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Dimana dalam kegiatan yang berlangsung 8-10 Desember 2022 di Gaia Bumi Raya City Mall itu, sekaligus diluncurkan Paket Desa Wisata Kalbar onboarding di aplikasi Mister Aladin oleh Kemenparekraf RI.

Ada dua desa wisata yang sudah masuk dalam aplikasi Mister Aladin tersebut, yakni Desa Wisata Sungai Kupah di Kabupaten Kubu Raya, dan Desa Wisata Kampong Melayu BML di Kota Pontianak.

Dengan demikian para wisatawan yang ingin berkunjung ke dua desa wisata yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 itu bisa mengakses langsung lewat aplikasi Mister Aladin.

Direktur Pemasaran Nusantara, Deputi Pemasaran Pariwisata, Kemenparekraf RI Dwi Marhen Yono  saat memaparkan materi saat menjadi narasumber pada acara Talkshow acara Kalbar Sports and Creative Fest 2022 di Gaia Bumi Raya Mall, Kamis 8 Desember 2022.
Direktur Pemasaran Nusantara, Deputi Pemasaran Pariwisata, Kemenparekraf RI Dwi Marhen Yono saat memaparkan materi saat menjadi narasumber pada acara Talkshow acara Kalbar Sports and Creative Fest 2022 di Gaia Bumi Raya Mall, Kamis 8 Desember 2022. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI)

Direktur Pemasaran Nusantara, Deputi Pemasaran Pariwisata, Kemenparekraf RI Dwi Marhen Yono mengungkapkan, Kalbar menjadi provinsi pertama di Pulau Kalimantan yang masuk dalam program promosi pariwisata secara digital itu.

Ia menilai Kalbar paling siap karena sudah memiliki instrumen promosi pariwisata yang cukup lengkap seperti adanya inovasi MoBile Acceleration, Kepariwisataan, Ekraf, Pemuda, Olahraga (Mbak Kepo), serta Tourist Information Center (TIC) baik secara online (e-TIC), maupun offline.

Pemprov Kalbar Sabet 2 Penghargaan Sekaligus dari Menpan RB

“Kalbar dipandang siap untuk promosi pariwisata melalui digital marketing, melalui Mbak Kepo, e-TIC, diharapkan sebagai role model provinsi lain. Dan Kalbar juga menjadi provinsi pertama launching setelah Kemenparekraf,” ungkap Dwi saat menjadi pembicara talkshow Sports and Creative Fest 2022, Kamis (8/12/2022).

Untuk itu, Provinsi Kalbar menurutnya dibuat sebagai percontohan khusus di Pulau Kalimantan.

“Kemenparekraf memilih Kalbar, ini minimal kami untuk memberikan motivasi kepada (provinsi) yang lain, untuk berbuat hal yang sama, biar menjadi lebih positif. Saya nilai untuk Kalimantan ini, Kalbar siap untuk pilot project-nya. Hal ini lah yang dilihat oleh Kemenparekrat bahwa Kalbar yang paling siap,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Disporapar Kalbar Windy Prihastari mengatakan, dengan diluncurkannya Paket Desa Wisata Kalbar onboarding di aplikasi Mister Aladin, menjadi semangat tersendiri dalam rangka reaktivasi pariwisata di provinsi ini.

Apalagi Kalbar menjadi daerah kedua yang diluncurkan, setelah Kemenparekraf RI.

“Kalbar salah satu provinsi yang dianggap telah siap untuk memasarkan pariwisata melalui digital marketing. Inovasi yang sudah kami buat seperti Mbak Kepo, TIC dan lainnya, sehingga memudahkan untuk memasarkan pariwisata, dan mengedukasi masyarakat tentang pariwisata,” ungkapnya.

Menurut Windy, ketika ingin meningkatkan sektor pariwisata, maka pihak terkait harus siap bersinergi, serta berkolaborasi dengan semua pihak.

Sekda Kalbar Harisson, saat melihat produk ekonomi kreatif yang ada di stand pameran di acara Kalbar Sports and Creative Fest 2022 di Gaia Bumi Raya Mall, Kamis 8 Desember 2022.
Sekda Kalbar Harisson, saat melihat produk ekonomi kreatif yang ada di stand pameran di acara Kalbar Sports and Creative Fest 2022 di Gaia Bumi Raya Mall, Kamis 8 Desember 2022. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI)

Maka Kalbar Sports and Creative Fest 2022 ini merupakan salah satu event kolaborasi dengan mengedepankan sport tourism. Yang mana di dalamnya ada pameran, olahraga, kepemudaan, serta promosi pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved