Cara Cek NIK Online Via Whatsapp, Lihat Susunan NIK KTP Berikut Ini!

Diketahui NIK adalah Nomor Induk Kependudukan yang ada pada Kartu Induk Kependudukan (KTP).  NIK seseorang bisa dilihat di KTP atau Kartu Keluarga.

Tribunpontianak.co.id/ka
Cara Cek NIK online via nomor WhatsAp-Ini merupakan cara yang bisa diakses oleh siapa saja yang ingin melakukan pengecekan NIK secara online via nomor Whatsapp atau lewat email. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID-Cara mencari NIK dengan nomor Whatsapp sering menjadi pertanyaan bagi beberapa orang yang ingin mengetahui lebih jauh seberapa penting NIK yang tertera di KTP

Diketahui NIK adalah Nomor Induk Kependudukan yang ada pada Kartu Induk Kependudukan (KTP).  NIK seseorang bisa dilihat di KTP atau Kartu Keluarga.

KTP dimiliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah menikah atau telah menikah.

NIK banyak digunakan sebagai persyaratan dalam registrasi pekerjaan, mendaftar aplikasi, finansial, dan lainnya. Oleh sebab itu penting sekali untuk merahasiakan NIK dan tidak menyebarkannya sembarangan di internet.

Baca juga: Cara Buat KTP Digital? Cek Disini Cara Pakai KTP Digital Jika dibandingkan Dengan E-KTP!

Cara mencari NIK berdasarkan nama ternyata juga bisa dilakukan melalui website, email, maupun WhatsApp. Berikut merdeka.com merangkum cara mencari NIK berdasarkan nama yang penting diketahui:

Berikut ini sistem penyusunan Kode NIK di KTP

Sebelum mengetahui cara mencari NIK berdasarkan nama, kenali dulu penyusun kode NIK di KTP. NIK terdiri dari kombinasi angka yang berbeda pada setiap pemiliknya. Kombinasi angka ini bukanlah kombinasi acak, melainkan memiliki arti tertentu di dalamnya.

NIK pun menjadi data penting bagi setiap orang. NIK terdiri dari 16 digit angka unik yang khas pada setiap orang. Kode penyusun NIK terdiri dari:

2 digit awal merupakan kode provinsi

2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten

2 digit sesudahnya kode kecamatan

6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format hhbbtt (untuk wanita tanggal ditambah 40)

4 digit terakhir merupakan nomor urut orang yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam 1 wilayah kecamatan, dimulai dari 0001.

Sebagai contoh, misalkan seorang perempuan lahir di Kota Surabaya tanggal 10 November 1993 maka NIK-nya adalah: 35 78 28 501193 0001.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved