MDS Rijalul Ansor Kalbar Sukses Adakan Dirosah Ula di Mempawah, Hidupkan Tradisi NU

Nanti kalau sudah membentuk pengurus RA (Rijalul Ansor) kalau bisa cari (kader) yang lain yang masih belum masuk di pengurus GP Ansor

Editor: Jamadin
Dok. Ansor Kalbar
Pimpinan Wilayah GP Ansor Kalimantan Barat, Rajuini menyampaikan kata sambutan, Kamis 1 Desember 2022 malam. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Kalimantan Barat sukses melaksanakan Dirosah Ula dari tanggal 1-3 Desember 2022 yang dilaksanakan di Kabupaten Mempawah.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Asisten 3 Setda Provinsi Kalimantan Barat Bapak Alfian Salam diikuti oleh perwakilan kader Ansor Se Kalimantan Barat.

Rajuini Ketua Wilayah GP Ansor Kalimantan Barat mengatan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor merupakan lembaga semi otonom di setiap tingkatan yang diangkat, disahkan dan diberhentikan oleh pimpinan Gerakan Pemuda Ansor di masing-masing tingkat kepengurusan.

“Tugas lembaga ini antara lain untuk menghidupkan kembali tradisi-tradisi ke-NU-an, misalnya shalawatan, tahlilan, istighotsah, peringatan hari besar Islam,” kata Rajuini dalam sambutannya, Kamis 1 Desember 2022.

PW GP Ansor Banser Kalimantan Barat Gelar Diklatsus Bagana, Basada dan Baritim di Singkawang

Dalam peraturan organisasi GP Ansor, Rijalul Ansor dibentuk oleh Gerakan Pemuda Ansor sebagai implementasi visi revitalisasi nilai dan tradisi dan misi internalisasi nilai Aswaja dan sifat-sifat Rasul dalam Gerakan Pemuda Ansor.

Majelis ini dibentuk mulai dari Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang dan Pimpinan ranting di seluruh Indonesia.

Rajuini berharap setelah diadakan Dirosah Ula ini semoga Rijalul Ansor berdiri diseluruh kab kota Se Kalimantan Barat dan memperdayakan para pemuda setempat untuk turut bergabung.

“Nanti kalau sudah membentuk pengurus RA (Rijalul Ansor) kalau bisa cari (kader) yang lain yang masih belum masuk di pengurus GP Ansor," katanya.

Selain itu Rajuini Menambahkan Tujuan dari diadakan Dirosah Ula ini adalah untuk menguatkan paham Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) di kalangan kiai muda Nahdlatul Ulama (NU) yang berada di bawah naungan MDS Rijalul Ansor.

“Acara ini merupakan yang pertama kalinya yang digelar oleh MDS Rijalul Ansor Kalimantan Barat dengan Bekerjasama dengan MDS Rijalul Ansor Kab Mempawah. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada Pengurus Pusat yang telah berkenan hadir untuk menyampaikan banyak hal mengenai penguatan Islam Aswaja An Nahdliyah,” jelas Rajuini yang juga Anggota DPRD Kab Mempawah Fraksi Partai Demokrat ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I saat memberikan sambutan dalam kegiatan Dirosah Ula yang digelar PW. Gerakan Pemuda Ansor Kalimantan Barat dan PC. GP. Ansor Mempawah memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor tersebut.

Menurut Muhajirin Yanis kegiatan tersebut merupakan melaksanakan perintah Allah SWT dan sebagai ikhtiar menjaga tradisi baik yang telah dilakukan para ulama terdahulu.

GP Ansor Kalbar Laksanakan Rakorwil dan Adakan Pelatihan Digital Pengurus dan Kader

Di samping itu, Muhajirin Yanis juga mendukung upaya GP. Ansor yang dikomandoi oleh Gus Yaqut Cholil Qoumas untuk menjadi organisasi yang mandiri.

Upaya yang dilakukan adalah mendirikan PT. Sorban Nusantara Utama yang bergerak pada jasa travel haji dan umrah.


Turut hadir dalam pembukaan Dirosah Ula Gubernur Kalbar yang diwakili Asisten III, Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalbar H. Kaharudin, S.Ag, Pengurus NU Mempawah, Kepala Kemenag Mempawah H. Hasib Arista beserta jajaran, dan sejumlah undangan lainnya serta para PC GP. Ansor se-Kalbar.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved