Cara Balik Nama Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Lama, Dilengkapi Syarat Lain dan Biayanya!

Penting untuk diketahui pada saat beli kendaraan bekas, biasanya pemilik baru akan melakukan proses balik nama dengan menggunakan KTP pemilik lama.

Tribunpontianak.co.id/ka
KTP, BPKB dan STNK - Persyaratan Balik nama kendaraan jika dibeli dari orang lain sebagai pihak pertama dilengkapi dengan syarat dan biayanya. 

TRIBUNPONTIANK.CO.ID - Beberapa persyaratan dan biaya harus dipenuhi oleh pemohon yang hendak mengurus balik nama kendaraan jika membeli kendaraan dari pihak pertama. 

Penting untuk diketahui pada saat beli kendaraan bekas, biasanya pemilik baru akan melakukan proses balik nama dengan menggunakan KTP pemilik lama.

Hal ini dilakukan supaya saat mau perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), tidak perlu lagi pinjam KTP pemilik lama.

Balik nama kendaraan bermotor sendiri merupakan sebuah proses pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik pertama ke pemilik kedua, dan seterusnya.

Cara Blokir STNK Langsung dan Online Untuk Agar Tidak Dikenakan Pajak Progresif!

Pengalihan nama tersebut dilakukan di STNK dan Buku Petunjuk Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Adapun biaya balik nama motor 2022 yang perlu disiapkan adalah untuk pembayaran bea administrasi bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), biaya administrasi dan penerbitan STNK, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), hingga penerbitan BPKB baru.

Untuk memahami apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengurus biaya balik nama kendaraan maka yang perlu dipersiapkan pertama kali adalah syarat-syaratnya selain uang tunai.

- KTP asli dan fotokopi pemilik baru

- BPKB asli dan fotokopi

- STNK asli dan fotokopi

- Bukti jual kendaraan, bisa berupa kwitansi pembayaran

- Bukti cek fisik kendaraan

Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor

Baca juga: Segini Bayar Biaya STNK Motor Hilang, Simak Cara Urus Kehilangan STNK Dikantor Samsat!

Sebagaimana dikutip dari @Samsat Pontianak, Balik nama motor sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 dan PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP):

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved