Menko Airlangga Puji Pontianak Kendalikan Inflasi, Wako Edi Kamtono Beberkan Caranya

Airlangga menyebut, kedatangannya bersama rombongan dalam rangka mempersiapkan rapat dengan tim inflasi pusat beberapa waktu mendatang.

Tribunpontianak/Tri Pandito Wibowo
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat berbicara dengan pedagang pasar Flamboyan, Pontianak pada Jumat 25 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengendalian inflasi harga pangan di Kota Pontianak merupakan yang paling baik di Kalimantan. Nilainya melampaui rata-rata nasional yaitu enam persen.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, usai meninjau sekaligus memberi bantuan kepada pedagang di Pasar Flamboyan didampingi Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan dan Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono, Jumat 25 November 2022

Airlangga menyebut, kedatangannya bersama rombongan dalam rangka mempersiapkan rapat dengan tim inflasi pusat beberapa waktu mendatang.

"Dan juga melibatkan TPID di Kalimantan dan Sulawesi, Maluku serta Papua," jelasnya.

Airlangga Hartarto Pimpin Rapat Koordinasi Tim Penanganan Inflasi Pusat dan Daerah

Beberapa bantuan yang diberikan kepada pedagang kelontong, sayur, dan lainnya berupa angka kredit sejumlah Rp 400 juta dari BRI, BNI, BSI, Bank Mandiri, dan Bank Kalbar sebagai penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Hampir satu setengah bulan sampai tahun ini kita genjot penyaluran KUR," paparnya.

Dari pantauannya, harga komoditi di Pasar Flamboyan seperti bawang, beras, minyak, ayam dan telur, masih relatif stabil.

Meski demikian, dirinya berharap angka inflasi dapat diseimbangkan dengan menambah stok pangan.

"Harga dari komoditas seluruhnya stabil, kita melihat Kota Pontianak dan Kalbar baik inflasinya, kita berharap terus diturunkan dengan ketersediaan pasokan yang aman dan terjangkau," imbuh Airlangga.

Sebelumnya, TPID Pontianak meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional kembali diraih Kota Pontianak dengan predikat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terbaik Wilayah Kalimantan 2021 pada TPID Awards 2022.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada TPID dalam pengendalian inflasi di daerah. Trofi dan piagam TPID Terbaik diserahkan oleh Menko Airlangga Hartarto pada Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah (Rakorpusda) Pengendalian Inflasi 2022 di Surabaya, tak lama ini.

Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa kunjungan pihaknya ke Pasar Flamboyan untuk melihat kondisi perekonomian masyarakat. Dalam waktu dekat ia mengatakan Tim Inflasi Pusat akan mengadakan rapat bersama tim inflasi daerah dari wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, oleh sebab itu peninjauan harga pasar ini penting dilakukan sebagai gambaran inflasi.

"Kalau dilihat di pasar harga komoditas stabil, tentu kita melihat Kalbar relatif baik inflasinya, sedikit diatas Nasional, Kalbar ini kira - kira 6 persen, dan Kita harap terus di turunkan dengan ketersediaan pasokan berbagai komoditas yang aman, dan juga harga yang terjangkau," ujarnya.

Kemudian, pada kesempatan ini secara simbolis Airlangga Hartarto juga menyerahkan bantuan KUR (kredit Usaha Rakyat) kepada sejumlah pedagang di Pasar Flamboyan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved