Pemkot Pontianak Berikan Bantuan ke Warga Terkena Musibah Kebakaran dan Gepeng

Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menuturkan, selain memberikan penyerahan bantuan secara simbolis kepada gepeng dan warga yang terkena musibah keb

Penulis: Muhammad Luthfi | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Tribunpontianak/Muhammad Luthfi
Foto bersama usai penyaluran bantuan secara simbolis di Halaman Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pontianak, Jumat 4 November 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak memberikan bantuan berupa beras cadangan pangan untuk gelandangan dan pengemis (gepeng) dan bantuan untuk korban bencana kebakaran di Gang Margodirejo I Dalam, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota.

Wali Kota Pontianak Edi Kamtono menuturkan, selain memberikan penyerahan bantuan secara simbolis kepada gepeng dan warga yang terkena musibah kebakaran.

Pemkot Pontianak juga memberikan bantuan kepada warga yang terdampak inflasi

“Kalau yang tadi kebakaran itu berupa makanan siap saji, ada matras dan perlengkapan untuk masak. Kalau yang pengemis, beras,” ujarnya, Jumat 4 November 2022.

Edi Kamtono Harap KPAD Kota Pontianak Bantu Pemerintah Wujudkan Kota Layak Anak

Menurut penuturan Edi, rencananya korban kebakaran akan mendapat bantuan berbentuk fisik melalui program bedah rumah. 

“Fisik nanti untuk rumahnya kita data, insya allah nanti akan kita bantu dengan program bedah rumah. Bedah rumahkan kita simultan (serentak),” ungkapnya.

Kata Edi, penyebab kebakaran tersebut diduga berasal dari konsleting listrik. Untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat agar rutin memeriksa jaringan listrik terutama penggunaan barang elektronik. 

“Kita sudah sering mengingatkan kepada warga Kota Pontianak untuk mengecek ulang, terutama jaringan listrik, kabel-kabelnya terus saklar atau stopkontak seperti itu,” imbaunya.

“Terus penggunaanya terhadap alat-alat listrik terutama strika, rice cooker dan itu juga di cek. Kalau perlu laporkan ke PLN kalau seandainya ada yang janggal,” timpalnya. 

Dia berharap melalui bantuan tersebut dapat menambah semangat dari penerima bantuan. 

Ia menambahkan, meski bantuan yang diberikan bersifat sementara, hal tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkot Pontianak bagi warga yang tertimpa musibah.

“Saya minta kepada lurah dan camat bersama Tagana merespon cepat saat terjadi musibah, tidak hanya secara fisik tapi juga mendampingi dari sisi psikologi. Terus lakukan pendataan setiap bulan, jadi ketika kita dalam kondisi siap untuk menyalurkan bantuan apabila terjadi kejadian serupa. Informasikan hal ini kepada RT dan RW,” pesannya.

Buka Perlombaan Paskibra di SMPN 24 Pontianak, Kadisdikbud: Paskibra itu Calon Pemimpin Masa Depan

Nanda (26), keluarga korban musibah kebakaran di Gang Margodadirejo I Dalam, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota, merasa bersyukur telah menerima bantuan berupa makanan siap saji, matras, perlengkapan masak dan lainnya, dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak

"Alhamdulillah kami merasa terbantu dan terima kasih atas kepedulian Pemkot Pontianak kepada kami yang terkena musibah," katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved