Cara dan Syarat Buat SIM Online? Berikut Keringanan Mengurus SIM Dari Kapolri!

Untuk saat ini mengurus SIM telah dipermudah dengan adanya situs Digital Korlantas Polri. 

Tribunpontianak.co.id/ka
Ujian Pratik SIM- Berikut adalah cara membuat SIM online dari aplikasi digital Korlantas Polri, Lengkap dengan infomasi mengenai keringanan yang diberikan Kapolri agar pembuatan SIM dapat dilakukan pada hari yang sama jika ternyata gagal pada satu tahapan tes. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Surat Izin Mengemudi (SIM) Adalah dokumen berkendara yang wajib dibawa oleh pengendara kendaraan bermotor, Untuk saat ini mengurus SIM telah dipermudah dengan aplikasi Digital Korlantas Polri

Setiap pengendara wajib memenuhi persyaratan berupak dokumen otentik berupa Surat Izin yang diterbitkan melalui Ditlantas Polri. 

Untuk membuat SIM setiap pemohon wajib memenuhi syarat dan mengikuti uji tes SIM yang dilaksanakan langsung di Polres, Beberapa tahapan ujian inilah yang biasanya membuat pemohon tidak lolos membuat SIM.

Mulai November 2022 Kapolri kini ringankan pembuatan SIM dan perpanjangan masa berlaku SIM.

Tips Perpanjang SIM Online Lewat Digital Korlantas Polri, Siapkan Syarat dan Tes ini!

Sebagaimana diketahui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga membolehkan warga untuk melakukan ujian pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) ulang pada hari yang sama apabila dinyatakan tidak lulus.

"Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian penerbitan SIM, dapat langsung melaksanakan ujian ulang pada hari itu juga atau dalam kurun waktu 14 hari kerja terhitung mulai tanggal dinyatakan tidak lulus," ujar Sigit dalam keterangannya, Rabu 2 November 2022.dikutip dari Kompas.com

Telegram itu ditandatangani oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri pada 31 Oktober 2022.

Jadi warga yang hendak membuat SIM dan mengikuti tes uji SIM di Polres atau Satpas saat ini sudah diberi keringanan dalam membuat dokumen berkendara berupa SIM.

Sebelum membuat SIM secara manual maupun online ada baiknya memperhatikan syarat-syaratnya sebagai berikut:

Terdapat empat persyaratan untuk dapat memiliki SIM, yakni usia, administrasi, kesehatan, dan lulus ujian.

1. Usia

SIM A, SIM C, SIM D, dan SIM D1 minimal sudah berusia 17 tahun.

SIM C1 minimal berusia 18 tahun.

SIM C2 minimal berusia 19 tahun.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved