Ziarah ke Makam Pendiri, Sultan Melvin; Tanpa Beliau Kota Pontianak Tidak Sebagus Saat Ini

"Tanpa beliau Kota Pontianak tidak sebagus seperti hari ini, yang telah membuat Kota hingga bisa berkembang seperti ini," ucapnya.

Penulis: Muhammad Firdaus | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Muhammad Firdaus
Sultan Pontianak Syarif Machmud Melvin Alkadrie saat menyampaikan sambutannya di Makam Kesultanan Batu Layang, Pontianak Utara, Minggu 23 Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam rangka memperingati hari jadi ke- 251 Kota Pontianak, Pemerintah dan Kesultanan Pontianak berkolaborasi menggelar karnaval air dan napak tilas menyusuri Sungai Kapuas, sekaligus berziarah ke makam Kesultanan di Batu Layang, Minggu 23 Oktober 2022.

Sultan Pontianak Syarif Machmud Melvin Alkadrie menuturkan, digelarnya adalah adalah untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan terdahulu. Terkhusus kepada pendiri Kota Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie beserta keluarganya.

Sebab berkatnya lah, Kota Pontianak berhasil didirikan 251 tahun silam pada 23 Oktober 1771 yang bertepatan dengan tanggal 14 Radjab 1185.

"Pada hari ini juga kita melaksanakan ziarah agung pembuka Kota Pontianak, yang tidak akan pernah kita lupakan," ucapnya di Makam Kesultanan, Minggu 23 Oktober 2022.

Baca juga: Karnaval Air dan Napak Tilas Sejarah Berdirinya Pontianak, Edi Ucapkan Terimakasih Pada Para Pendiri

Ia mengatakan, tanpa peran Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie sebagai pembuka pertama atau pendiri, Kota Pontianak tidak akan berkembang seperti hari ini.

"Tanpa beliau Kota Pontianak tidak sebagus seperti hari ini, yang telah membuat Kota hingga bisa berkembang seperti ini," ucapnya.

Ia pun berharap, pada momentum peringatan usia yang ke- 251 ini, Kota Pontianak akan semakin lebih baik.

"Semoga di usia ke- 251 Kota Pontianak atau sudah 2 setengah abad, mudah-mudahan pembangunan di Kota Pontianak semakin baik dan lebih baik lagi," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved