Pola Hidup Sehat

Silahkan Pahami, Apa Itu GERD, Penyebab dan Faktor Risikonya

GERD disebabkan akibat melemahnya sfingter esofagus atau otot-otot pembatas antara kerongkongan dan lambung sehingga menyebabkan refluks

Siloam Hospital
Kemungkinan menderita GERD sendiri entah itu ringan atau parah bisa meningkat setelah usia 40 tahun. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- GERD juga tidak boleh dianggap remeh karena bisa menyebabkan komplikasi berbahaya.

Di kalangan awam, GERD seringkali dianggap sama dengan penyakit maag karena kemiripan gejalanya yang sama-sama melibatkan organ lambung.

Padahal jika dilihat dari faktor penyebabnya, maag dan GERD adalah dua penyakit yang berbeda.

Pernahkah Anda mengalami rasa seperti ada makanan mengganjal di kerongkongan diikuti rasa panas terbakar pada dada Anda? Mungkin saja Anda mengalami GERD.

Untuk memahami GERD lebih lanjut, simak penjelasan lengkapnya pada artikel kali ini yang akan membahas tentang apa itu GERD, apa saja gejala dan penyebabnya, bagaimana mengukur tingkat keparahannya, dan tentang cara mengatasinya.

Pentingnya Cara Mengatasi Mual Akibat Asam Lambung

Apa itu GERD?

GERD merupakan penyakit yang sangat umum terjadi pada pencernaan manusia.

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu simtom atau perubahan mukosa yang diakibatkan oleh gangguan sistem saluran pencernaan, di mana asam lambung dan isi perut mengalir kembali ke kerongkongan (esofagus).

Aliran balik atau refluks ini dapat menyebabkan Anda merasakan sensasi perih dan panas seperti terbakar di bawah tulang dada atau dikenal dengan istilah heartburn.

Penyakit ini sebenarnya umum terjadi pada pencernaan manusia, namun jika dibiarkan maka dapat memperburuk kesehatan saluran cerna hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengetahui apakah Anda menderita GERD atau tidak, dapat diketahui dengan menjawab pertanyaan yang ada pada kuesioner GERD-Q, sedangkan untuk memastikan ada tidaknya kerusakan mukosa atau lapisan esofagus akibat teriritasi asam lambung, Anda disarankan menjalani prosedur pemeriksaan endoskopi.

Apabila Anda sering mengalami gejala refluks dan tidak kunjung membaik setelah minum obat, kemungkinan Anda menderita GERD dan perlu segera memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Asam Lambung atau GERD

Penyebab GERD

GERD disebabkan akibat melemahnya sfingter esofagus atau otot-otot pembatas antara kerongkongan dan lambung sehingga menyebabkan refluks (aliran balik) atau naiknya isi dan asam lambung ke saluran esofagus (kerongkongan).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved