Apa dana Iuran BPJS Kesehatan Bisa dicairkan? Berikut Daftar Iuran BPJS Kesehatan Oktober 2022!

Saat iuran yang selama ini dibayarkan tidak terpakai atau tidak diklaim, maka akan digunakan sebagai subsidi silang untuk membantu peserta BPJS.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Ilustrasi Iuran BPJS Kesehatan Terbaru- BPJS Kesehatan menggunakan sistem gotong royong jadi jika iuran yang dibayarkan setiap bulan oleh peserta namun tidak dipakai maka iuran tersebut tidak bisa dicairkan kembali, berikut ini tarif BPSJ Kesehatan terbaru Oktober 2022. 

TRIBUPONTIANAK.CO.ID - BPJS Kesehatan kini sudah menjadi kebutuhan banyak orang di tanah air. Setiap bulan peserta diwajibkan membayar Iuran agar mendapatkan manfaat ketika sakit.

Para peserta yang membayar iuran memang berhak mendapatkan jaminan kesehatan. Sakit atau tidak, kepesertaan BPJS Kesehatan tetap berlaku sebagaimana mestinya. Sehingga, jawaban dari pertanyaan di atas adalah tentu tidak.

Pasalnya, BPJS Kesehatan menganut sistem gotong royong. Saat iuran yang selama ini dibayarkan tidak terpakai atau tidak diklaim, maka akan digunakan sebagai subsidi silang untuk membantu peserta BPJS Kesehatan lainnya.

Bagi anda yang kerap membayar Iuran BPJS Kesehatan setiap bulan dan tidak pernah sakit, apakah Iuran tersebut bisa diklaim atau dicairkan?

Cara Daftar BPJS Bisa Langsung Berobat? Ini Peraturan Terbaru Berobat Gratis dengan BPJS Kesehatan!

Perlu diketahui bahwa tidak ada yang dirugikan dalam hal pembayaran Iuran Karena dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka biaya pengobatan Pasien dapat ditanggung, apalagi jika biaya pengobatan terbilang cukup tinggi.

Keberadaan BPJS Kesehatan untuk memastikan masyarakat Indonesia mendapatkan jaminan kesehatan yang layak.

Jika seseorang ingin berhenti dari keanggotaan, tidak bisa begitu saja dilakukan karena ada sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi. Mulai dari meninggal dunia, hingga pindah kewarganegaraan.

Saat ini berobat dengan menggunakan BPJS Kesehatan digunakan Berobat di rumah sakit negeri, bahkan ada beberapa klinik milik swasta atau pribadi yang mulai melayani pengobatan dari BPJS Kesehatan.

Baca juga: Cek! Ini Daftar Layanan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan Tahun 2022

Berikut besaran iuran BPJS Kesehatan Bulan Oktober 2022:

Mengutip dari laman resmi BPJS Kesehatan saat ini akan diberlakukan iuran BPJS Kesehatan dengan Sistem Kelas Rawat Inap Standar ( KRIS ) diberlakukan Oktober 2022.

Akan tetapi meskipun telah diberlakukan sistem kelas rawat inap, pembayaran Iuran tetap mengacu pada sistem kelas sebagai berikut:

Kelas 1: Peserta BPJS Kesehatan wajib membayar Iuran sebesar Rp150 ribu per orang per bulan.

Kelas 2: Peserta BPJS Kesehatan wajib membayar Iuran sebesar Rp100 ribu per orang per bulan.

Kelas 3: Peserta BPJS Kesehatan wajib membayar Iuran sebesar Rp35 ribu per orang per bulan.

Demikianlah informasi terkait dengan aturan Iuran BPJS Kesehatan lengkap dengan daftar Iuran BPJS Kesehatan bulan Oktober 2022 yang kami rangkum dari laman resmi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved