Cara Daftar BPJS Bisa Langsung Berobat? Ini Peraturan Terbaru Berobat Gratis dengan BPJS Kesehatan!

Peserta BPJS Kesehatan dapat menggunakan BPJS Kesehatan untuk Berobat, rawat inap, operasi, persalinan, dan lain-lain.

TRIBUNPONTIANAK
Penggunaan BPJS Kesehatan untuk berobat memiliki ketentuan yaitu 14 hari baru bisa digunakan jika membuat BPJS Kesehatan baru, Namun ketentuan ini terdapat pengecualian jika kondisi pasien memerlukan tindakan medis yang mendesak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial melalui BPJS Kesehatan merupakan fasilitas yang diberikan oleh negara bagi masyarakat agar lebih mudah dalam mengakses layanan kesehatan.

Peserta BPJS Kesehatan dapat menggunakan BPJS Kesehatan untuk Berobat, rawat inap, operasi, persalinan, dan lain-lain.

Namun perlu diketahui oleh masyarakat secara umum bahwa penggunaan BPJS Kesehatan untuk berobat tidak serta merta bisa digunakan saat baru mendaftar atau baru menjadi peserta.

Akan tetapi terdapat ketentuan yang mengatur tentang penggunaan BPJS Kesehatan saat berobat

Terdapat beberapa pengecualian untuk penggunaan kartu BPJS Kesehatan ini, Pengecualian dilakukan untuk pasien yang sedang dalam kondisi urgen dan mendesak untuk dapat menerima tindakan medis.

Cara Ubah Data BPJS Kesehatan Online? Segini Tarif Iuran BPJS Kesehatan Oktober 2022!

Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf mengatakan, jangka waktu penggunaan BPJS Kesehatan telah diatur dalam Peraturan Presiden ( Perpres ) Nomor 82 Tahun 2018.

"Semua sudah diatur tegas di Perpres Nomor 82 Tahun 2018, termasuk waktu untuk pendaftaran," kata Iqbal, dikutip dari Kompas.com

Pasal 15 Perpres Nomor 82 Tahun 2018 menjelaskan, setiap Pekerja Bukan Penerima Upah ( PBPU ) dan Bukan Pekerja (BP) wajib mendaftarkan dirinya dan anggota keluarga sebagai peserta BPJS Kesehatan dengan membayar Iuran.

Selanjutnya, BPJS Kesehatan melakukan verifikasi pendaftaran daam waktu 14 hari sejak pendaftaran.

Adapun pembayaran Iuran BPJS Kesehatan, dapat dilakukan setelah 14 hari sejak verifikasi pendaftaran.

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Online, Simak Cara Bayar BPJS Lewat M-Banking Terbaru!

Dengan demikian menurut Iqbal, apabila dalam kondisi medis darurat dan baru mendaftar BPJS Kesehatan, maka biaya pengobatan ditanggung oleh masing-masing orang.

Pasalnya, lanjut dia, program JKN KIS termasuk BPJS Kesehatan mengusung prinsip gotong royong.

Program ini juga sudah berjalan di tahun ke-9, sehingga seharusnya masyarakat tidak mendaftarkan diri menjadi peserta pada saat jatuh sakit.

"Program JKN-KIS ini sudah berjalan di tahun ke-9, sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya bergotong royong dengan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan sudah sangat banyak," kata dia.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved