Cara dan Syarat Ganti Paspor yang Habis Masa Berlaku Via Online Dengan Aplikasi M-Paspor!

Namun pada dokumen Paspor berbeda dengan KTP hal ini karena Paspor memiliki masa berlaku, Paspor untuk saat ini hanya selama 10 Tahun.

Kompas.Com
Pergantian Paspor kini telah dipermudah yaitu bisa dilakukan secara online dengan menggunakan Aplikasi M-Paspor, Simak caranya pada artikel yang kami lengkapi dengan biaya perpanjangan Paspor Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Paspor merupakan dokumen yang wajib dimiliki jika orang akan bepergian Ke Luar Negeri, Pasalnya Paspor merupakan dokumen yang berisi identitas pemegangnya, antara lain nama lengkap, kewarganegaraan, dan jenis kelamin.

Untuk mengurus Perpanjang Paspor 2022 perlu diketahui, utamanya bagi pelaku perjalanan ke luar negeri.

Diluar negeri penggunaan Paspor layaknya penggunaan Kartu Tanda Penduduk ( KTP ), Paspor adalah dokumen yang berfungsi sebagai kartu identitas ketika berkunjung ke negara lain.

Namun pada dokumen Paspor berbeda dengan KTP hal ini karena Paspor memiliki masa berlaku, Paspor untuk saat ini hanya selama 10 Tahun.

Cara Buat Paspor Biasa Jadi E-Paspor? Cek Cara Perpanjangan Paspor Online Disini!

Karena itu, penting untuk memastikan masa berlaku paspor anda tetap berlaku agar perjalanan lancar, Adapun cara memperpanjang Paspor bisa dilakukan 6 bulan sebelum masa berlakunya habis.

Apabila Paspor sudah habis masa berlakunya, maka pemegang paspor wajib menggantinya dengan yang baru.

Kini pergantian Paspor sudah bisa dilakukan dengan cara online yaitu melalui M-Paspor yang merupakan wujud baru dari Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO).

Berikut panduan penggantian paspor yang habis masa berlaku lewat M-Paspor, Dikutip dari Kompas.com

1. Buat akun di aplikasi M-Paspor

Setelah mengunduh aplikasi M-Paspor, pemohon wajib melakukan pendaftaran dengan memilih opsi "Daftar Akun".

Selanjutnya, ada formulir yang wajib diisi, meliputi nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat e-mail untuk pengiriman kode verifikasi, nomor ponsel, dan kata sandi.

Jika sudah melengkapi formulir tersebut, beri tanda centang di bagian "Saya setuju dengan Syarat & Ketentuan", lalu klik "Daftar".

Nantinya, akan ada e-mail aktivasi aplikasi paspor online yang berisi kode verifikasi untuk registrasi pendaftaran.

Masukkan kode tersebut agar bisa memenuhi proses pendaftaran.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved