Kehadiran Car Free Day di Pontianak Timur Menjadi Sarana Rekreasi Olahraga dan UMKM

Bahkan Wako Edi mengajak kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Pontianak Timur untuk meramaikan kawasan CFD.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meresmikan kawasan Car Free Day (CFD) di Jalan Sungai Landak Barat Pontianak Timur, Minggu 2 Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Jalan Sungai Landak Kecamatan Pontianak Timur kini menjadi kawasan Car Free Day (CFD) baru.

Disana terdapat jalan dua jalur yaitu Jalan Sungai Landak Timur dan Sungai Landak Barat.

Karena dijadikan CFD, maka setiap hari Minggu pagi Jalan Landak Barat akan dilakukan penutupan untuk akses kendaraan bermotor.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mendukung kehadiran CFD tersebut.

Bahkan Wako Edi mengajak kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Pontianak Timur untuk meramaikan kawasan CFD.

Menurut Wako Edi, di kawasan CFD ini, masyarakat bisa melakukan berbagai aktivitas yang produktif, mulai dari olahraga jogging, sepeda, senam dan lainnya.

Pemuda di Pontianak Serang Petugas Keamanan Hotel dengan Pisau

"Dengan adanya kawasan CFD ini bisa menjadi tempat rekreasi masyarakat terutama olahraga serta menunjang para pelaku usaha mikro untuk berjualan," kata Wako Edi setelah meresmikan kawasan CFD di Pontianak Timur, Minggu 2 Oktober 2022.

Pasalnya di kawasan CFD tersebut juga diberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk berjualan, baik kuliner maupun produk lainnya.

Kehadiran CFD ini diharapkan bisa membangkitkan ekonomi serta memulihkan kegiatan masyarakat pasca dilanda pandemi selama 2,5 tahun.

"Tahun ini seluruh kegiatan mulai berangsur normal dalam rangka pemulihan kondisi traumatik serta pemulihan ekonomi masyarakat," katanya.

Lebih lanjut Wako Edi menerangkan, bahwa penyediaan kawasan CFD tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Pontianak dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas.

Sehingga dengan adanya CFD tersebut, masyarakat bisa mengisi waktu liburnya dengan melakukan aktivitas bermanfaat, seperti berolahraga dan menikmati kuliner bersama keluarga di kawasan CFD.

"Terlebih, di kawasan ini tersedia berbagai produk-produk unggulan khas Pontianak Timur yang mungkin jarang ditemui di hari-hari biasa terutama kuliner. Namun uang terpenting adalah kesehatan dengan melakukan aktivitas gerak atau berolahraga, Insya Allah tubuh sehat dan produktif," pesannya.

Saat ini, lanjut Wako Edi, Pemkot Pontianak tengah berupaya mencari lahan-lahan yang lebih luas untuk membangun ruang publik dengan konsep hijau. Kehadiran ruang publik terbuka hijau seperti penataan taman di Pontianak Timur ini nantinya bisa dimanfaatkan bagi masyarakat untuk beraktivitas.

"Kita sedang usahakan untuk mencari lahan untuk membangun ruang publik yang lebih representatif selain membangun infrastruktur yang berkualitas khususnya di Pontianak Timur," jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved