Pola Hidup Sehat

11 TANDA Kamu Bisa Terkena Diabetes, Sering Lapar dan Mudah Lelah

Jika tidak dikelola dengan baik, diabetes mellitus dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung koroner, stroke, obesitas, serta ga

NET/Google
Ciri-ciri diabetes melitus juga dapat dirasakan pada bagian mulut. Karena tubuh terus mengeluarkan cairan untuk buang air kecil, kelembapan mulut pun berkurang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Diabetes umumnya ditunjukkan dengan beberapa tanda, seperti gampang haus, mulut kering, mudah lapar, sering kencing, pandangan kabur, dan sering kesemutan.

Diabetes adalah penyakit metabolik akibat meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh.

Tak hanya orang yang lebih dewasa yang bisa terkena, orang usia muda juga bisa berisiko kena diabetes, lho.

Oleh karena itu, penting untuk mencegah dan memahami gejala diabetes mellitus yang harus diwaspadai.

Jika tidak dikelola dengan baik, diabetes mellitus dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung koroner, stroke, obesitas, serta gangguan pada mata, ginjal, dan saraf.

Daftar 9 Buah yang Baik untuk Menjaga Kadar Gula Darah dari Diabetes

Untuk mendeteksi lebih cepat, berikut ciri-ciri diabetes mellitus yang wajib diketahui:

1. Mulut Kering

Ciri-ciri diabetes melitus juga dapat dirasakan pada bagian mulut. Karena tubuh terus mengeluarkan cairan untuk buang air kecil, kelembapan mulut pun berkurang.

Apabila keadaan ini berlangsung terus tanpa diimbangi konsumsi cairan yang cukup, kamu bisa mengalami dehidrasi dan mulut kering.

Gejala diabetes melitus sebenarnya tidak berbeda antara pria dan wanita. Namun, ada organ spesifik yang hanya dimiliki oleh wanita, seperti payudara dan indung telur, yang membedakannya. Karena itulah wanita dapat terkena infeksi jamur di lipatan payudara dan PCOS.

Begitu banyak gejala penyakit diabetes yang dapat timbul tapi masih kurang disadari. Jika kamu atau orang terdekat mengalami salah satu atau lebih dari tanda-tanda di atas, segera konsultasi dokter penyakit dalam.

2. Sering Haus

Sering merasa haus meski sudah minum cukup adalah salah satu gejala diabetes melitus. Gejala ini sebenarnya merupakan efek domino dari gejala pertama, yaitu rasa ingin buang air kecil terus-menerus.

Jika kamu merasa haus terus-menerus dan minum lebih banyak dari biasanya padahal tidak ada perubahan aktivitas, bisa jadi itu adalah salah satu tanda diabetes melitus.

Mengapa Konsumsi Gula Berlebih Bisa Memicu Diabetes? Apa Kaitannya dengan Diabetes Tipe 1?

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved