Lokal Populer

Pelaksanaan Ujicoba KTP Digital Sudah Dapat Dilakukan, Aplikasi Tersedia di Playstore

Bekerja dengan jaringan, pengguna belum familiar dengan indentitas digital. Keamanan data-data password diketahui untuk yang bersangkutan

Kompas.com
Ilustrasi KTP 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sambas Wahidah mengungkapkan pelaksanaan ujicoba KTP digital sudah dapat dilakukan, Jumat 30 September 2022.

"Terkait pelaksanaan ujicoba KTP digital, sudah bisa dilaksanakan, silahkan download di aplikasi Play Store," ujar Wahidah kepada Tribun Pontianak, Jumat 30 September 2022.

Menurut Wahidah, dalam ujicoba KTP digital mempunyai kekurangan dan kelebihan. Pada sisi kekurangan kata dia, KTP digital bekerja dengan jaringan, sehingga pengguna belum familiar dengan identitas digital.

"Bekerja dengan jaringan, pengguna belum familiar dengan indentitas digital. Keamanan data-data password diketahui untuk yang bersangkutan," tuturnya.

Dia menjelaskan apabila ada pengguna yang ingin melakukan ujicoba dapat datang langsung ke Disdukcapil Sambas untuk memverifikasi data SIAK.

E-KTP Digital Masih Terus Diupgrade Oleh Pemerintah Pusat

"Silahkan ke Disdukcapil untuk verifikasi data di SIAK. Sebab sudah mulai diterapkan ke warga atau sudah berlaku," ungkapnya.

Sementara itu terkait berkas fotocopy KTP dan KK yang diperlukan dalam pelayanan masih terus berlaku. Hal tersebut lantaran tidak semua masyarakat paham IT.

"Fotocopy KTP dan KK dalam pelayanan tetap berlaku, tidak semua masyarakat paham IT," ucapnya.

Dia melanjutkan, langkah Disdukcapil mencegah kebocoran data warga dengan skema data yang terpusat. Selain itu, terkait angka warga yang belum punya e-KTP terus berubah dan menuju ke angka 100 persen.

"Data sudah terpusat. Data dinamis, tetap mendekati 100 persen. Sehingga untuk mencapai 100 persen warga punya e-KTP dilakukan sosialisasi dan mobilisasi ke desa-desa," ujarnya. 

Kayong Utara

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara sudah menerapkan identitas kependudukan secara digital.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara, Aslinda bahwa penerapan identitas kependudukan secara digital sudah diterapkan.

Suriansyah Nilai KTP Digital Bisa Dokrak Kualitas Pelayanan Negara pada Masyarakat

“Untuk penerapan identitas kependudukan secara digital sudah diterapkan,” terang Aslinda. Jumat 30 September 2022.

Pada penerapan identitas kependudukan tersebut, Kepala Disdukcapil Kayong Utara ini menuturkan dimulai pada tahap pertama hingga seterusnya.

“Tahap pertama adalah seluruh pegawai dukcapil, kemudian tahap berikutnya seluruh pegawai Pemda Kayong Utara dan instansi vertikal serta Forkopimda Kayong Utara,” ujarnya.

Pada pelaksanaan hal tersebut, Ia menerangkan tentu mengacu kepada peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 72 tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blangko kartu tanda penduduk elektronik serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital,” tukasnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved