Bantu Cegah Penyakit Kronis, BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Skrining Kesehatan Bagi Peserta JKN

Sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Singkawang menghadirkan kegiatan edukasi dan...

Editor: Mirna Tribun
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Skrining Kesehatan Bagi Peserta JKN. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG – Melalukan tindakan pencegahan dari berbagai macam penyakit menular atau tidak menular, merupakan hal penting yang harus disadari sejak dini oleh masyarakat.

Namun, faktanya masyarakat di Indonesia terutama yang jauh dari perkotaan memiliki tingkat kesadaran kesehatan yang rendah sehingga diperlukan perhatian khusus.

Sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Singkawang menghadirkan kegiatan edukasi dan layanan skrining kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Tingkatkan Sinergi, BPJS Kesehatan Cabang Singkawang Gelar Pertemuan Monev Pelayanan RSUD Pemangkat

Program yang dilaksanakan di Kantor Kepala Desa ini disambut antusias oleh masyarakat Desa Seranggam, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Salah satunya adalah Santi (30) yang menyambut baik dan antusias kegiatan ini, ibu rumah tangga yang juga bekerja sebagai petani ini datang untuk memeriksa kesehatan melalui aplikasi yang diciptakan oleh BPJS Kesehatan yaitu Mobile JKN.

“Saya senang ada skrining kesehatan ini, dengan adanya kegiatan ini saya bisa melihat kondisi kesehatan saya secara langsung," ungkap Santi.

Skrining kesehatan merupakan salah satu cara untuk mengetahui adanya faktor risiko terjadinya penyakit khususnya penyakit kronis di masa mendatang seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung koroner dan lain-lain.

Skrining kesehatan ini bisa juga dilakukan melalui Mobile Skrining dengan aplikasi Mobile JKN, web skrining pada situs www.bpjs-kesehatan.go.id, dan dengan Chat Assistant JKN (Chika) yang dapat diakses melalui Whatsapp, Facebook Messenger dan Telegram.

Mal Pelayanan Publik Kota Singkawang Berikan Layanan Terbaik Pada Peserta JKN-KIS

Manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh peserta dengan adanya skrining kesehatan ini yaitu peserta dapat mengetahui kondisi kesehatannya, pengecekannya dapat menghemat waktu dan tenaga karena pengisian dapat dilakukan dimana saja, dan hasil skrining kesehatan dapat dikonsultasikan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama tempat peserta terdaftar, serta dapat melakukan pemeriksaan penunjang jika hasil skrining kesehatang berisiko sedang/tinggi.

“Harapan saya semoga kegiatan ini bisa terus diadakan setiap bulannya agar masyarakat kami yang belum dan sudah ikut saat ini juga tetap bisa mengecek kesehatannya,” tutupnya. (*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved