Hantaru 2022

Peringatan Hantaru 2022, Ajang Sosialisasi Pada Masyarakat Atas Capaian-capaian ATR/BPN se-Kalbar

Peringatan UUPA kali ini mengusung tema Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Cepat, Berkualitas, dan Tanguh.

Penulis: Muhammad Firdaus | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FIRDAUS
Foto Bersama - Kepala Kantor Wilayah BPN Kalbar, Ery Suwondo, SH berfoto bersama usai upacara peringatan ke-62 UUPA. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Upacara Peringatan hari lahir ke-62 Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) Tahun 2022 di halaman Kanwil ATR/BPN Kalbar, Senin (26/9/2022).

Peringatan UUPA kali ini mengusung tema Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Cepat, Berkualitas, dan Tanguh.

Kegiatan Upacara ini dihadiri seluruh jajaran di lingkungan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Kantor Pertanahan kabupaten/kota se-Kalimantan Barat beserta jajaran, para Purnabakti Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat, Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat, Pengurus IPPAT Provinsi Kalimantan Barat dan Ketua DPD Realestat Indonesia (REI) Provinsi Kalimantan Barat.

Suasana Upacara Peringatan Hari Lahir Ke-62 UUPA Tahun 2022.
Suasana Upacara Peringatan Hari Lahir Ke-62 UUPA Tahun 2022. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FIRDAUS)

Bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari UUPA Tahun 2022, Kepala Kantor Wilayah BPN Kalbar, Ery Suwondo, SH.

Pada kesempatan ini, Ery membacakan sambutan dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto.

Kanwil ATR/BPN Kalbar Lakukan Sejumlah Inovasi Pelayanan

“Ada 3 point penting yang disampaikan yaitu mempercepat pendaftaran tanah melalui PTSL, Penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan Reforma Agraria dan pemberantasan Mafia Tanah serta mendukung percepatan pembangunan IKN. Oleh karena itu, dengan semangat UUPA, diharapkan para jajaran dapat menyelesaikan dan membantu pelaksanaan Program Strategis Nasional Kementerian ATR/BPN,” ungkap Ery.

Pada kesempatan ini, dilakukan penyematan Satya Lencana Karya Satya dan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur Peringatan hari lahir ke-62 Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) Tahun 2022.

"Selain melakukan upacara memperingati Hantaru, dilakukan pula penyematan Satya Lencana kepada 36 ASN yang telah mengabdi lebih dari 10, 20, dan 30 tahun. Kemudian Agenda peringatan ini tidak berhenti sampai hari ini saja, melainkan akan berlangsung hingga satu bulan kedepan dengan beberapa agenda lanjutan," ucap Ery.

Pada Minggu (25/9/2022), Kanwil BPN Kalbar telah melakukan gowes sepeda bareng dengan beberapa mitra kerja dan senam sehat bersama.

Foto bersama pada gowes sepeda bareng dengan beberapa mitra kerja di halaman Kanwil BPN Kalbar, Minggu, 25 September 2022.
Foto bersama pada gowes sepeda bareng dengan beberapa mitra kerja di halaman Kanwil BPN Kalbar, Minggu, 25 September 2022. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FIRDAUS)

Kemudian dilanjutkan dengan upacara dan pemotongan tumpeng di paginya.

Pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur Peringatan hari lahir ke-62 UUPA Tahun 2022.
Pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur Peringatan hari lahir ke-62 UUPA Tahun 2022. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FIRDAUS)

“Kemudian akan ada beberapa agenda selanjutnya yang juga akan digelar antara lain, seperti olahraga bersama, bazar, hingga bakti sosial. Semua itu adalah rangkaian selama satu bulan kegiatan bulan bakti agraria, ini dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan Hantaru 2022," ucapnya.

Meski kemeriahan perayaan UUPA dilakukan, Kanwil BPN Kalbar tetap memberikan layanan seperti biasa.

Cara Urus Sertifikat Tanah yang Hilang? Segini Rincian Biaya Ganti Sertifikat Tanah Lewat BPN!

“Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari UUPA ini tidak mengganggu pelayanan yang berada di Kantor Pertanahan dan tetap berjalan normal seperti biasanya,” lanjutnya.

Ery Suwondo, menjelaskan bahwa berlangsungnya agenda dalam bulan bakti agraria ini juga sekaligus untuk menyosialisasikan kepada masyarakat, bahwa sejauh ini banyak capaian-capaian yang telah dilakukan oleh Kanwil BPN Kalimantan Barat dan jajarannya hingga Kabupaten/Kota.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan Hantaru ini kita bisa memperlihatkan atau menunjukkan kepada masyarakat juga, bahwa banyak hal yang sudah kita lakukan selama ini oleh kementerian ATR/BPN khususnya Kanwil Kalimantan Barat beserta seluruh jajarannya Kantah Kabupaten/Kota," jelasnya.

Foto Bersama - Kepala Kantor Wilayah BPN Kalbar, Ery Suwondo, SH berfoto bersama IKAWATI Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat usai upacara peringatan ke-62 UUPA.
Foto Bersama - Kepala Kantor Wilayah BPN Kalbar, Ery Suwondo, SH berfoto bersama IKAWATI Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat usai upacara peringatan ke-62 UUPA. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FIRDAUS)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved