Kunjungi Galeri Arsip Pemprov, Mahasiswa Fisip Untan Diskusi Tentang Tokoh Kalbar dan kearsipan

Kedatangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini di pimpin oleh Syafaruddin Usman SH MHD selaku dosen mata Kuliah Sejarah Sosial Politik

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto bersama Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjung Pura melakukan kuliah ektra Kurikuler bertempat di Galeri arsip milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Barat, Selasa 27 September 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak 50 orang Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjung Pura melakukan kuliah ektra Kurikuler bertempat di Galeri arsip milik  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Barat,  Selasa 27 September 2022

Kunjungan ini di maksudkan untuk menambah pengetahuan, di samping itu juga untuk memahami pentingnya  arsipan  serta diskusi ringan tentang  tokoh Kalbar dan Kearsipan.

Kedatangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini di pimpin oleh Syafaruddin Usman SH MHD selaku dosen mata Kuliah Sejarah Sosial Politik Indonesia.

Polemik Tarif Mahal Event Kulminasi, EO Sporta Indonesia Siap Penuhi Rekomendasi DPRD Pontianak

Kedatangan mahasiswa beserta dosen ini diterima oleh Kabid Pengelolaan, Layanan dan Pemanfaatan Arsip Emi Puterina.

Sementara itu topik yang di tawarkan dalam diskusi bertemakan tentang tokoh Pejuang  Kalbar Ya Syarif Umar, Gedung Medan Sepakat dan Sejarah Parit Di Pontianak.

Sebagaimana di ketahui  pada tahun 1960 an parit parit di kota Pontianak masih lebar, dan tongkang saja masih masuk. Seiring dengan perkembangan jaman parit parit di tutup dengan bangunan rumah dan ruko serta gedung gedung tinggi di Pontianak. 

Dengan 3 thema bahasan di atas, sebagian besar mahasiswa memilih tokoh pejuang Kalbar Ya Syarif Umar. 

Sejarahwan Kalbar dan dosen bantu yang akrab di panggil Bang Din ini mengutarakan bahwa kegiatan ini adalah 

Dalam rangka pengenalan generasi muda khususnya kalangan kampus kepada para tokoh pejuang Kalbar, dan diadakan kuliah di kantor arsip daerah.

"Sosok figur pejuang Kalbar Ya’ Syarif Umar sebagai tokoh Angkatan 45 dan legiun veteran yang dibahas sisi perjuangannya.

Pejuang Ya’ Syarif Umar adalah putera Kalbar yang ikut langsung dalam kancah pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya. Dan dia ikut dalam revolusi fisik di Pulau Jawa antara 1945-1949, " jelas Syafaruddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Sugeng Hariadi dalam sambungan telponnya mengatakan menyambut baik kegiatan ini.

"Selaku kepala DKP saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan mahasiswa dari fisip Untan dengan adanya kegiatan ini,”ujarnya.

Ia berharap kepada generasi muda khususnya para mahasiswa mengetahui dan memahami tokoh tokoh pejuang Kalimantan Barat sehingga dengan demikian para mahasiswa akan mengetahui bagaimana perjuangan para tokoh dahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan dengan segala keterbatasan di masa itu.

Sugeng juga berharap kepada mahasiswa agar  bisa mengambil nilai-nilai perjuangan para tokoh terdahulu sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan semangat optimisme kepada para mahasiswa untuk meraih cita-citanya dalam upaya untuk mengemban amanah dari orang tua dan pada gilirannya dapat mengabdikan dirinya untuk kemajuan Kalimantan Barat kedepan.

"Terima kasih kepada civitas akademika universitas Tanjungpura khususnya Fisip yang telah menggunakan galeri arsip pemprov Kalbar sebagai tempat belajar terutama kepada dosen pembimbing Bapak Syafaruddin Daeng Usman, semoga kita terus dapat bersinergi dalam pengembangan galeri arsip ke depannya," ujar Sugeng. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved