Hantaru 2022

Kantor Pertanahan Mempawah Sampaikan 4 Program Strategis Nasional yang Dijalankan

untuk program Redistribusi Tanah sedang dilaksanakan dengan target 1.000 bidang di Desa Sekabuk, Pentek, Semparong Parit Raden dan Sungai Kunyit....

Penulis: Ramadhan | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RAMADHAN
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Mempawah, Wendi Isnawan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Momentum Hari Tata Ruang Nasional (Hantaru) Tahun 2022, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Mempawah, Wendi Isnawan, menyampaikan program Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dijalankan Kantor Pertanahan Kabupaten Mempawah pada Tahun 2022 ini.

"Pada Tahun 2022 ini kita sedang melaksanakan empat program PSN dan unggulan yang terdiri dari Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Peta Tematik Pertanahan dan Ruang (PTPR), Redistribusi Tanah dan Pengadaan Tanah," terangnya.

Dirinya menjelaskan program PTSL sedang dilaksanakan dengan target 6.208 bidang pada 15 Desa/Kelurahan.

"15 Desa tersebut terdiri dari Desa Tanjung, Sejegi, Sungai Bakau Kecil, Anjungan Melancar, Sungai Purun Kecil, Kuala Secapah, Kepayang, Pasir Wan Salim, Pasir Panjang, Tengan, Antibar, Parit Banjar, Terusan, Pasir Palembang dan Sengkubang, yang mana pada saat ini telah mencapai target sebesar 86,05 persen," terangnya.

Lebih lanjut Wendi Isnawan menjelaskan, untuk program Redistribusi Tanah sedang dilaksanakan dengan target 1.000 bidang di Desa Sekabuk, Pentek, Semparong Parit Raden dan Sungai Kunyit hulu dengan capaian 692 bidang.

Baca juga: Kantah Kapuas Hulu Luncurkan Layanan Pantas, Solusi Layanan Pertanahan di Daerah Jauh

"Lalu pada program Peta Tematik Pertanahan dan Ruang (PTPR) dengan target 1.000 bidang," jelasnya.

Lebih lanjut Wendi Isnawan juga menyampaikan Kantor Pertanahan Kab. Mempawah turut menjalankan program pengadaan tanah untuk kepentingan umum dengan terdapat 2 objek pengadaan.

"Kita juga menjalankan program pengadaan tanah untuk kepentingan umum dengan 2 objek pengadaan yakni dengan target seluas lebih kurang 9 hektar untuk relokasi Jalan Nasional Ruas Sungai Duri-Mempawah yang telah mencapai target 100 persen. Kemudian satunya lagi yakni pengadaan tanah untuk pengembangan Terminal Kijing seluas lebih kurang 3,15 Hektar di Kecamatan Sungai Kunyit yang sedang dalam tahap pelaksanaan," terangnya.

Selain program strategis dan unggulan, Wendi Isnawan juga menyampaikan Kantor Pertanaan Kab. Mempawah turut mempunyai program lainnya.

"Selain program strategis dan unggulan kita juga ada program lainnya yakni reforma agraria dengan melakukan pendampingan UMKM di Desa Kuala Secapah, Sengkubang dan Sungai Rasau dengan target 800 KK, penyelesaian sengketa konflik pertanahan yang mana telah terselesaikan 2 target operasi penanganan sengketa," ungkapnya.

"Terkait upaya pencegahan sengketa pertanahan kita juga telah melaksanakan sosialisasi pencegahan sengketa, konflik dan perkara pertanahan melalui tertib administrasi pertanahan," terangnya lagi.

Dirinya juga menyebut, terkait pencegahan adanya mafia tanah, pihaknya telah melakukan penandatangan Nota Kesepakatan kerjasama antara Kantor Pertanahan Kabupaten Mempawah, Pemerintah Daerah Mempawah, Polres Mempawah, dan Kejaksaan Negeri Mempawah, di Kantor Bupati Mempawah, beberapa waktu lalu.

"Jadi kita sudah buat perjanjian kerjasama dengan Bupati, Kapolres, dan Kajari. Sudah kita buat kerjasama dalam rangka penanganan kasus dan pencegahan mafia tanah," tegasnya.

Lebih lanjut, untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, Wendi mengatakan, Kantor Pertanahan Mempawah turut menjalankan program yang diberi nama Pelataran ataupun Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan.

Baca juga: Kantor Pertanahan Kayong Utara Komitmen Jalankan Program Strategis

"Untuk pelayanan kita juga ada yang namanya Pelataran (Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan) yang sudah dua bulan dilaksanakan, sejak pak Menteri ATR/BPN mencanangkan program Pelataran kita langsung weekend service Sabtu-Minggu dari jam 08.00-12.00 siang, tapi hanya untuk layanan non kuasa atau pemohon langsung," terangnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved