Hantaru 2022

Kantah Kapuas Hulu Luncurkan Layanan Pantas, Solusi Layanan Pertanahan di Daerah Jauh

Dari program redistribusi tanah ini sejak tahun 2018-2021, Kantah Kapuas Hulu sudah merealisasikan 23.500 bidang sertifikat.

Penulis: Muhammad Firdaus | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kapuas Hulu, Dicky Zulkarnain, S.T., M.Eng. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Dalam rangka memperingati hari memperingati peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2022 yang ke- 62, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kapuas Hulu, Dicky Zulkarnain, S.T., M.Eng, mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil melakukan sejumlah capai-capaian.

Antara lain adalah pada program strategis Nasional pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Yang mana terdapat 2 agenda didalamnya yaitu pengukuran dan sertipikasi hak atas tanah (SHAT).

"Dengan target pengukuran sejumlah 1.809 bidang, dan sertipikasi hak atas tanah dengan target sejumlah 8.138 bidang. Saat ini sedang berproses kurang lebih sekitar 80 persen sudah kita selesaikan untuk PTSL ini," ucapnya Jumat 24 September 2022.

Pada program PTSL ini sejak tahun 2017 hingga 2022, Kantah Kabupaten Kapuas Hulu telah merealisasikan 31.766 bidang sertipikat yang diterbitkan dan telah mengukur 66.279 bidang.

Selain program PTSL Kantah Kapuas Hulu juga menjalankan program pembagian sertipikat redistribusi tanah kepada masyarakat yang lahannya belum bersertipikat.

Kantor Pertanahan Landak Rutin Laksanakan Penyuluhan, Program Prioritas Tahun 2022 Rampung

"Redistribusi tanah untuk tahun 2022 ini 2.161 bidang, sudah selesai di ukur semua, kemarin juga sudah identifikasi dan inventarisasi lapangan. Kita harapkan program redistribusi tanah ini segera selesai di bulan depan," jelasnya.

Dari program redistribusi tanah ini sejak tahun 2018-2021, Kantah Kapuas Hulu sudah merealisasikan 23.500 bidang sertifikat.

Program selanjutnya yang juga menjadi prioritas Kantah Kapuas Hulu adalah sertipikasi barang milik Negara yang sudah diselesaikan 100 persen dari 12 bidang yang menjadi target.

Tentu dengan capaian-capaian di atas merupakan sebuah prestasi yang luar biasa untuk Kantah Kapuas Hulu.

Apalagi mengingat luas daerah Kabupaten Kapuas Hulu yang sangat besar.

"Untuk kawasan hutan di Kabupaten Kapuas Hulu itu kurang lebih 78 persen dari luas area sekitar 3,1 juta hektar. Yang bisa kita sertipikatkan di Area Penggunaan Lain (APL) adalah di 22 persennya dari luas Kabupaten Kapuas Hulu " ucapnya.

Dengan luas Kabupaten yang sangat besar tersebut, Kantah Kapuas Hulu membuat sebuah inovasi yang diberi nama Layanan Pantas (Pelayanan Pertanahan di Perbatasan).

Program Layanan Pantas ini sendiri sudah di launching pada Agustus lalu, diharapkan mampu untuk menyiasati layanan pertanahan di daerah yang jauh dari pusat kota.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved