Hantaru 2022

Kantor Pertanahan Kayong Utara Komitmen Jalankan Program Strategis

Program yang dijalankan pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara juga yakni redistribusi tanah kepada masyarakat.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/JOVI LASTA
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara Sigit Aribowo, SH, MH. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARAKantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, berkomitmen menjalankan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dan redistribusi tanah serta program lainnya.

Mengenai hal tersebut, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara Sigit Aribowo, SH, MH menyampaikan bahwa Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara menjalankan program dengan maksimal.

"Sudah cukup banyak bidang tanah terdaftar di Kabupaten Kayong Utara yang kita proses, tahun 2017 sudah ada kegiatan PTSL yang berjalan sampai sekarang juga," kata Sigit.

Program yang dijalankan pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara juga yakni redistribusi tanah kepada masyarakat.

"Selain itu, redistribusi tanah ini Pemerintah membagikan tanah kepada masyarakat khususnya untuk penggunaan tanah-tanah pertanian," jelasnya.

Kantor Pertanahan Singkawang Fokus Tingkatkan Mutu Pelayanan Masyarakat

Sigit menuturkan, bersama pihaknya berupaya dalam menyelesaikan bidang tanah yang belum terdaftar di Kabupaten Kayong Utara.

"Kalau kita lihat dari persentase tanah terdaftar di Kayong Utara ini, kalau kita asumsikan berdasarkan hasil analisis kami sekitar 18 ribuan sisa bidang tanah yang belum terdaftar. Kita harapkan, dalam 2 tahun kedepan sampai tahun 2024 kami sudah bisa menyelesaikan. Jumlah tanah terdaftar sampai saat ini, sekitar 80 ribu-an bidang," ujar Kepala Kantor Pertanahan Kayong Utara ini.

Untuk itu, progres kedepan Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara menjalankan program strategis dari Kementerian terkait pertanahan di Kabupaten Kayong Utara.

"Kita sesuai dengan rencana strategi Kementerian (ATR/BPN), menjadi fokus bagaimana kami bisa melakukan percepatan pendaftaran tanah, bagaimana kita bisa meminimalisir dan menangani permasalahan pertanahan. Selain ada satu program besar juga, yang kami galakkan kedepannya semua data pertanahan kita bisa tingkatkan kualitas datanya karena sudah menuju pelayanan elektronik," tambahnya.

UMKM Belum Terkelola dengan Baik, Kantah Melawi Dorong Budidaya Pertanian Aren

"Contohnya tahun 2022 ini, kita sudah laksanakan hampir semua pelayanan pemeliharaan data pertanahan didaftarkan secara elektronik, baik itu pengecekan sertifikat, surat keterangan pendaftaran tanah, terus hak tanggungan elektronik. Semuanya by system," tutup Sigit.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved