Harga Daging Sapi di Ngabang Tembus Rp 170 Ribu Perkilogram

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya sapi sendiri sampai saat ini cukup sulit didapat. Karena untuk di Landak sendiri, kebanyakan mendapatkan sap

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Alfon Pardosi
Juanda, pedagang daging sapi segar di Ngabang, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Harga daging sapi di Pasar Rakyat Ngabang, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat tembus diangka Rp 170 ribu perkilo gram.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya sapi sendiri sampai saat ini cukup sulit didapat. Karena untuk di Landak sendiri, kebanyakan mendapatkan sapi dari luar pulau.

"Untuk daging segar harga ecerannya Rp 170 ribu perkilo, untuk daging dan tulang Rp 120 ribu. Kalau daging beku Rp 160 ribu," ujar Juanda penjual daging sapi segar di Ngabang kepada Tribun pada Rabu 21 September 2022.

Daging Sapi Lokal Mahal dan Langka, Ini Komentar Pengusaha Rumah Makan

Dijelaskan Juanda, daging sapi selama ini dibeli dari peternak-peternak lokal yang ada di Kabupaten Landak atau pun dari Kabupaten tetangga. Namun untuk mendapatkan sapi tersebut tentu harus gerak cepat.

"Karena kalau sapi-sapi dari luar pulau seperti dari pulau Jawa atau pulau lain itu cukup sulit masuk ke kita di Kalbar. Karena Kalbar termasuk wilayah yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menurut pemerintah," jelas Juanda.

Disampaikannya lagi, kelangkaan sapi sudah terjadi sejak sebelum bulan ramadhan. Dimana sejak informasi PMK itu ada hingga menjelang lebaran, sapi sulit didapat. Kalau pun ada, tentu harus mencari ke kampung-kampung.

Meski demikian, Juanda mengaku kalo untuk stok kebutuhan sehari-hari masyarakat Ngabang masih aman. Tetapi terkait harga yang lumayan tinggi, pembeli ada berkurang namun tidak signifikan.

"Rata-rata konsumen kami adalah pemilik rumah makan, warung bakso, dan penjual jajanan. Kalo mereka-mereka tetap membeli, yang berkurang sedikit itu pembeli dari masyarakat umum," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved