Penjelasan Ahli Tentang Mobil Listrik, Apa Dampaknya Jika Kena Banjir?

Namun masyarakat belum sepenuhnya memahami mengenai apa itu mobil listrik. Termasuk keamanan mobil listrik apabila terkena banjir.

TIMOTHY A. CLARY / AFP
Pakar listrik ITB, Syarif Hidayat menuturkan bahwa kendaraan listrik telah didesain sedemikian rupa sehingga aman dari banjir yang mungkin saja terjadi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Mobil Hybrid maupun mobil listrik untuk masyarakat yang ingin beralih dari kendaraan konvensional kini sudah banyak dijual.

Presiden Jokowi telah meneken Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Listrik (Battery Electic Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kenadaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Namun masyarakat belum sepenuhnya memahami mengenai apa itu mobil listrik. Termasuk keamanan mobil listrik apabila terkena banjir.

"Mobil listrik kerendem banjir, nyetrum kemana mana ga si?" tulis akun ini 15 September 2022.

Adapun komentar warganet lainnya juga menanyakan hal yang sama.

"Iyaa ya terus kalau lagi di tengah-tengah banjir korslet gmn?" tanya warganet lain.

BBM Naik, Peminat Motor Listrik Tinggi, Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya di Indonesia

"Nggak (nyetrum), karena sistemnya kedap. Justru mobil bensin yang bahaya kalau kena banjir. Bisa kena water hammer (piston jebol)," ujar akun ini.

Lantas, amankah kendaraan listrik jika terendam air?

Penjelasan ahli

Dosen Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Toto Sukisno mengatakan sistem keamanan kendaraan listrik saat terkena banjir adalah hal yang acap kali ditanyakan banyak orang.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved