Info Stimulus

Karyawan Tidak Punya Nomor Rekening Himbara Tetap Bisa Cairkan BSU 2022? Berikut Cek Caranya Disini!

Daftar Bank tersebut yang merupakan Bank yang digunakan oleh karyawan untuk mencairkan BSU tahap pertama

DOK. Kredivo via KOMPAS.com
Ilustrasi uang tunai.-Berikut adalah cara untuk mencairkan BSU Gaji 2022 Bagi karyawan yang tidak memiliki rekeninh Bank Himbara, terdapat dua cara yang disajikan dalam artikel ini, Simak Selengkapnya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan, tahap pertama penerima Bantuan Subsidi Gaji/Upah ditujukan kepada pekerja yang sudah memiliki rekening Bank Himbara.

Bank Himbara yang dimaksud merupakan Himpunan Bank Milik Negara, Lebih mudahnya sebut saja Bank Nasional dan sebagai contohnya yakni Bank BNI, Mandiri, BRI dan Bank BTN.

Daftar Bank tersebut yang merupakan Bank yang digunakan oleh karyawan untuk mencairkan BSU tahap pertama.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dana BSU tahun 2022 sudah bisa diambil secara bertahap.

Pencairan telah dilakukan mulai hari ini, Senin 12 September 2022 sesuai operasional Bank Himbara.

Tentu banyak karyawan yang bertanya bagaimana jika tidak memiliki rekening Bank sebagaimana yang tergabung dalam Himbara apakah tetap bisa mencairkan BSU?

Daftar Nama Pekerja Gagal Dapat BSU 2022 - Cek Syarat dan Kriteria Subsidi Gaji BLT BPJS

Sebagaimana rangkum dari tayangan KompasTV,  untuk pekerja yang tidak memiliki rekening bank BUMN tersebut tetap bisa mencairkan BSU dengan dua cara.

Cara pertama adalah dibuatkan perusahaan rekening Himbara atau cara yang kedua penyaluran BSU 2022 melalui PT.Pos Indonesia ( Persero ).

akan dibuatkan rekening kolektif oleh perusahaan atau disalurkan lewat PT Pos.

"Mereka (pekerja dengan rekening bank swasta) akan dibukakan rekening oleh bank himbara, atau nanti kita salurkan lewat kantor pos yang sudah kita kerjasama dengan PT Pos Indonesia," kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanus seperti dikutip dari Tribunnews.com Rabu 14 September 2022.

 1. Dibukakan rekening oleh bank Himbara

Berkaca dari penyaluran BSU atau subsidi gaji tahun lalu, saat itu, sejumlah perusahaan menginformasikan kepada para pekerjanya, lokasi bank Himbara tempat mereka bisa mengambil BSU.

Ada perusahaan yang meminta karyawan untuk mengambil BSU di kantor cabang Bank tertentu.

Jika ini dilakukan maka perusahaan akan meminta pekerja tersebut untuk mencairkan BSU di Bank yang telah ditunjuk oleh pihak perusahaan.

Cara lain bisa juga pihak perusahaan memfasilitasi pengambilan BSU milik karyawan kemudian membagikannya secara langsung.

Meski berbeda lokasi, cara pencairannya tetap sama.

Yakni pekerja cukup mendaftar namanya di petugas keamanan, lalu nanti akan dipanggil sesuai nomor antrean untuk mengambil dana BSU secara tunai di teller khusus.

Kemnaker Pastikan BSU Gaji Cair Hari ini, LOGIN bsu.kemnaker.go.id!

2. Lewat Kantor Pos

Sementara itu, penyaluran BLT subsidi gaji melalui PT Pos Indonesia akan diberikan surat pemberitahuan.

"Ada dua pilihan (pengambilan dana BSU di kantor pos), yaitu diantar oleh petugas pos atau dibukakan PosPay," ujar Anwar.

Ia memastikan, penyaluran BSU tidak akan berbelit-belit agar cepat tersampaikan kepada pihak yang memang berhak menerima bantuan ini.

"Jangan sampai mereka yang berhak akan terhalang karena administrasi yang berkepanjangan," tandasnya

Dengan dua cara diatas maka pekerja yang tidak memiliki rekening Bank tidak perlu khawatir tidak kebagian BSU 2022.

Cara ini tentunya akan memberikan angin segar kepada setiap karyawan mengingat tidak semua karyawan memiliki rekening bank sesuai dengan yang tertera diatas.

Pencairan BSU lewat rekening merupakan cara yang tepat untuk dilakukan oleh pemerintah agar proses penyaluran BSU bisa transparatan cepat dan akuntabel serta tepat sasaran. (*)

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 2 Cara Cairkan BSU Bagi Pekerja yang Tak Punya Rekening Bank Himbara

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved