Pemilu 2024

Tahapan Pemilu 2024, Eks Napi Koruptor Boleh Nyaleg Begini Pertimbangan KPU!

Komisioner KPU Idham Kholik menjelaskan beberapa poin yang menjadi pertimbangan untuk terkit dengan hal ini yaitu seputar Undang-undang pemilu.

tribunnews
Eks Narapidanda diperbolehkan daftar Caleg-KPU memberikan setidaknya tiga alasan terkait keikutsertaan Napi Koruptor bisa ikut serta dalam pelakasanaan Pemilu 2024 mendatang sebagai calon Legislatif. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) menjelaskan terkait dengan keikutrsertaan mantan narapidana untuk ikut mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif Pemilu 2024.

Komisioner KPU Idham Kholik menjelaskan beberapa poin yang menjadi pertimbangan untuk terkit dengan hal ini yaitu seputar undang-undang pemilu.

Akan tetapi sebelum kita mengetahui terkait dengan pernyataan KPU, berikut adalah bunyi pasal yang mengatur tentang mantan napi yang hendak mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, hal ini akan terkait dengan persyaratan administratif pencalonan.

Jika merujuk pada bunyi undang-undang nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pemilu

"Surat pernyataan bermeterai bagi calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota yang tidak pernah dipidana dengan ancaman pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih atau surat keterangan dari lembaga pemasyarakatan bagi calon yang pernah dijatuhi pidana,"

Tidak hanya itu seorang mantan Napi yang hendak menjadi peserta Pemilu 2024 bakal diwajibkan mengumumkan statusnya sebagai mantan narapidana melalui media massa.

Lantas apa yang menjadi pertimbangan KPU ?

Berikut adalah penjelasan KPU terkait dengan beberapa pertimbangan yang memperbolehkan Eks Napi Koruptor ikut sebagai peserta Pemilu 2024, dikutip dari Kompas.com

1. Alasan HAM

Komisioner KPU RI Idham Holik menjelaskan, dalam membuat aturan penyelenggaraan pemilu, pihaknya berpedoman pada peraturan perundang-undangan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved