Iuran BPJS Kesehatan 2022 Setelah Layanan Kelas Dihapus Berapa? Cek Caranya Disini!

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) telah menghapus sistem kelas dalam aturan terbarunya dan mengganti dengan Sistem Kelas Rawat Inap Standar.

tribunnews
Aturan Baru Bayar BPJS Kesehatan-Berikut adalah iuran BPJS Kesehatan yang berlaku pasca pengahapusan sistem kelas, aturan ini di uji coba dan berlaku mulai 1 Juli 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berikut ini adalah artikel tentang cara bayar Iuran BPJS Kesehatan dan untuk mengetahui besaran Iuran BPJS Kesehatan setelah penghapusan sistem kelas diberlakukan oleh BPJS.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) telah menghapus sistem kelas dalam aturan terbarunya dan mengganti dengan Sistem Kelas Rawat Inap Standar ( KRIS ). 

Lantas Berapa Iuran BPJS Kesehatan 2022 Setelah Layanan Kelas Dihapus? 

Kepala Humas BPJS Kesehatan Arif Budiman menjelaskan skema dan besaran Iuran masih sama dengan sebelumnya.

"Mengacu kepada Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan, bahwa besaran iuran ditentukan berdasarkan jenis kepesertaan setiap peserta dalam program JKN," jelasnya dikutip dari Tribunpontianak.co.id

Apa Itu PBI BPJS Kesehatan ? Berikut Kategori Penerima Iuran Gratis BPJS !

Sistem kelas BPJS Kesehatan sudah mulai dihapus sejak Juli lalu, untuk iuran terbaru dibulan September 2022 jika masih mengacu pada aturan sebelumnya dapat dilihat dengan analisis berikut :

Uji coba penghapusan kelas BPJS Kesehatan sudah dilakukan mulai 1 Juli 2022.

Kini kelas-kelas tersebut digantikan menjadi Kelas Rawat Inap Standar (KRIS).

Uji coba KRIS saat ini baru dilakukan di 5 rumah sakit milik pemerintahan. Jadi, mulai Juli lalu di 5 RS tersebut tidak ada lagi kelas iuran BPJS 1,2 dan 3.

Arif mengatakan, sekitar 2.800 rumah sakit di seluruh Indonesia melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ).

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved