Lokal Populer

BPBD Kapuas Hulu Bentuk Komando Satgas Karhutla

Dalam penanggulangan Karhutla di Kapuas Hulu secara regulasi sudah menetapkan status siaga darurat kabut asap sebagai akibat Karhutla

Dok. Polres Kapuas Hulu
Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, S.T memimpin Apel Kesiapan Operasi Kewilayahan "Bina Karuna Kapuas - 2022 Tahap II" dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilkum Polres Kapuas Hulu di halaman Mapolres setempat, Jumat 19 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan menyatakan, berdasarkan data, dari bulan Januari hingga Agustus 2022 ini jumlah hotspot di wilayah Kapuas Hulu ada sebanyak 438 titik api.

"438 ini tersebar di 23 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, dan sudah ditangani dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Senin 22 Agustus 2022.

Dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kapuas Hulu, jelas Gunawan, kalau pihaknya secara regulasi sudah menetapkan status siaga darurat kabut asap sebagai akibat Karhutla.

"Kita juga sudah membentuk komando satgas Karhutla, nantinya kita harap satgas tingkat kecamatan dan desa harus terbentuk dengan mengacu ke Satgas Karhutla kabupaten," ucapnya.

Selain itu juga, melakukan sinergitas dengan TNI, Polri, KPH, TNBK melalui manggala agni, melakukan patroli serta pemadaman darat jika terjadi Karhutla.

Desa Sambus Kapuas Hulu Diterjang Angin Puting Beliung, Sejumlah Rumah Alami Kerusakan

"Kita juga sudah membentuk MPA di 19 desa 14 kecamatan dengan, harapan MPA ini bisa membantu jika terjadi Karhutla di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Kemudian kata Gunawan, kalau pihaknya juga selalu menyampaikan data hotspot pagi, dan malam kepada satgas kecamatan melalui WA group.

"Satgas Karhutla kita juga telah menyurati ke pihak kecamatan terkait kesiapsiagaan terkait karhutla," ungkapnya.

Siap Siaga Karhutla

Polsek Suhaid Polres Kapuas Hulu menggelar apel kesiapsiagaan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Halaman Mapolsek Suhaid, Jumat 19 Agustus 2022.

Hadir pada apel tersebut Kapolsek Suhaid Iptu Dayan, Camat Suhaid Joko Kusmanto  SH, Danramil Suhaid Serka Eko. H, Kada Ops Manggala Agni Ade Arief serta Perwakilan Pimpinan Perkebunan Kelapa Sawit PT. KPC Suhaid, Personil Polsek Suhaid, Personil Koramil Suhaid, Anggota Sat Pol PP Kecamatan Suhaid, Anggota Manggala Agni, Security PT. KPC, Kades, serta Masyarakat Peduli Api.

Dalam apel gabungan dalam rangka kesiapsiagaan dan simulasi penanggulangan Karhutla tersebut selaku Komandan apel Brigadir Irwan dan selaku pemimpin apel Kapolsek Suhaid Iptu Dayan. didampingi oleh Camat Suhaid Joko Kusmanto, SH Danramil 15 Suhaid Serka Eko. H, Kada Ops Manggala Agni Ade Arif, perwakilan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Kpc serta KUA Kecamatan Suhaid

Hingga Saat Ini 144 Pasien Diare di Kapuas Hulu Sedang Dirawat

Dalam kegiatan apel tersebut arahan yang disampaikan oleh Iptu Dayan selaku pimpinan apel tentang kesiapsiagaan Khususnya wilayah Kecamatan Suhaid dalam menghadapi dan penanggulangan Karhutla.

“Apel gabungan untuk kesiapan kita bersama dalam antisipasi dan penanggulangan Karhutla di wilayah Kecamatan Suhaid, Kesiapsiagaan kita bersama merupakan langkah awal dalam mengurangi bencana Karhutla di wilayah kita. Bersama kita tingkatkan koordinasi antar instansi, perusahaan dan masyarakat untuk menanggulangi bencana Karhutla," terang Iptu Dayan.

Dan pada kesempatan tersebut Camat Suhaid Joko Kusmanto, SH, menyampaikan bahwa sebagai bentuk upaya penanggulangan Karhutla karena Karhutla merupakan tanggung jawab kita bersama sehingga kita dari tingkat masyarakat hingga pemerintah perlu koordinasi bersama.

Selanjutnya dilakukan kegiatan Simulasi peragaan penanggulangan Karhutla yang dilaksanakan di lapangan Polsek Suhaid tersebut dengan rentetan kegiatan simulasi dari Polsek Suhaid memperoleh informasi dari masyarakat tentang adanya Karhutla di satu wilayah.

Selanjutnya Setelah memastikan informasi melaporkan kepada Tim Siaga Karhutla. selanjutnya Tim gabungan Karhutla dari Polri, TNI, Manggala Agni dan MPA secara bersama - sama turun ke lokasi untuk melaksanakan Pemadaman api oleh Tim Penanggulangan Karhutla dengan menggunakan Mesin Pompa Air sampai api dipastikan padam

Pada pukul 10.00 Wib rangkaian kegiatan apel gabungan dalam rangka kesiapsiagaan dan simulasi penanggulangan Karhutla di Polsek Suhaid selesai dilaksanakan. Selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved