Gandeng LPHD, PT GAN Gelar Pelatihan Tim Perlindungan dan Pengamanan Hutan

Pembentukan Tim Monitoring dan perlindungan hutan Desa Kalibandung berjumlah 14 orang yang dibagi  kedalam...

Editor: Mirna Tribun
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
PT. Graha Agro Nusantara (GAN) bersama Lembaga Hutan Desa Kalibandung, menggelar pelatihan tim perlindungan dan pengamanan hutan Desa Kalibandung di Aula Kantor Desa Kalibandung, Sabtu 6 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - PT. Graha Agro Nusantara (GAN) bersama Lembaga Hutan Desa Kalibandung, menggelar pelatihan tim perlindungan dan pengamanan hutan Desa Kalibandung di Aula Kantor Desa Kalibandung, Sabtu 6 Agustus 2022.

Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan tim patroli hutan desa.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Kubu Raya, perwakilan Earthqualizer, perwakilan JARI Indonesia Borneo Barat, serta perwakilan Yayasan Natural Kapital, perwakilan Masyrakat Peduli Api (MPA), perwakilan karang taruna serta masyarakat Desa Kalibandung, anggota dan Pengurus LPHD Kalibandung dan masyarakat Desa Kalibandung, perwakilan dari Yayasan Natural Kapital serta perwakilan dari PT.GAN yang disepakati dan ditetapkan stukturnya.

Pembentukan Tim Monitoring dan perlindungan hutan Desa Kalibandung berjumlah 14 orang yang dibagi  kedalam dua kelompok masing-masing anggota kelompok berjumlah 7 orang.

Peserta pelatihan mendapat pemaparan materi dan pelajaran mengenai pemanfaatan alat pemantauan dan pelaporan spasial untuk kegiatan patroli hutan atau monitoring spasial dan reporting tool (SMART) Patrol dan pelatihan Survei Oranguta, Pelatihan Pengelolaan Data Base dan pembuatan rancangan kerja serta sesi praktek pengambilan data selama 5 hari di lapangan.

PT. Graha Agro Nusantara (GAN) bersama Lembaga Hutan Desa Kalibandung, menggelar pelatihan tim perlindungan dan pengamanan hutan Desa Kalibandung di Aula Kantor Desa Kalibandung, Sabtu 6 Agustus 2022.
PT. Graha Agro Nusantara (GAN) bersama Lembaga Hutan Desa Kalibandung, menggelar pelatihan tim perlindungan dan pengamanan hutan Desa Kalibandung di Aula Kantor Desa Kalibandung, Sabtu 6 Agustus 2022. (TRIBUNFILE/ISTIMEWA)

Usman Ketua LPHD Kalibandung menjelaskan, kegiatan pelatihan Tim Perlindungan ini adalah kerjasama antara PT. Graha Agro Nusantara (GAN) dengan LPHD.

Yakni sebagai bentuk dukungan dan komitmen bersama sesuai dengan yang tertuang dalam MOU kerjasama antara GAN dengan LPHD tentang Pengelolaan Lahan berkelanjutan tanpa bakar dan perlindungan orangutan beserta habitatnya yang ditandatangani pada 19 November 2020 yang lalu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Recovery Program PT. GAN.

"Kami berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini  dapat meningkatkan kapasitas maupun pengetahuan para peserta dalam mengimplementasikan survey dilapangan, serta dapat menguasai penggunaan aplikasi SMART sehingga pemantauan dan pengawasan secara mobile di daerah rawan ancaman, khususnya di Kawasan Hutan Desa Kalibandung, dapat lebih optimal," ujarnya.

Tambahnya, di samping di dalam ruangan, kegiatan pelatihan SMART Patrol ini juga dilaksanakan di luar ruangan dalam bentuk praktik lapangan untuk pengambilan data sekaligus patroli illegal logging dan pencegahan kebakaran dan monitoring habitat orang utan di landscape KHG Hutan Lindung Sungai Ambawang khususnya di Hutan Lindung Desa Kalibandung. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved