Polisi Tembak Polisi

Arti Justice Collaborator, Syarat Bharada E Agar Dapat Perlindungan LPSK Usai Ditetapkan Tersangka

Usai ditetapkan sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo pada Jumat 8 Juli 2022, Bharada E kini masih ditahan.

Kolase tribunpontianak.co.id / Istimewa
Bharada E (Kiri) dan Brigadir J (Kanan). Bharada E baru-baru ini membeberkan kronologi penembakan di rumah eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo pada Jumat 8 Juli 2022 lalu ke Komnas HAM. Ia sempat meminta perlindungan LPSK namun dengan syarat ia harus menjadi Justice Collaborator, apa itu? 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Apa itu Justice Collaborator yang menjadi syarat agar Bharada E mendapat perlindungan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)?

Usai ditetapkan sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo pada Jumat 8 Juli 2022, Bharada E kini masih ditahan.

Sayangnya, LPSK hanya bisa memberikan perlindungan kepada seseorang berstatus korban, saksi, dan saksi korban kasus pidana.

Kondisi Bharada E Usai Ditetapkan Tersangka Memprihatinkan, Kuasa Hukum: Mentalnya Tidak Siap

Apa itu Justice Collabolator?

Mengutip dari business-law.binus.ac.id, Justice Collabolator diartikan sebagai saksi pelaku suatu tindak pidana yang bersedia membantu atau bekerjasama dengan penegak hukum.

Peran kunci yang dimiliki oleh Justice Collabolator antara lain:

- Untuk mengungkap suatu tindak pidana atau akan terjadinya suatu tindak pidana, sehingga pengembalian asset dari hasil suatu tindak pidana bisa dicapai kepada negara;

- Memberikan informasi kepada aparat penegak hukum; dan

- Memberikan kesaksian di dalam proses peradilan.

Kondisi Terakhir Putri Candrawathi Terungkap Usai Bharada E Ditetapkan Tersangka Tewasnya Brigadir J

Dengan demikian kedudukan Justice Collabolator merupakan saksi sekaligus sebagai tersangka yang harus memberikan keterangan dalam persidangan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved