Pola Hidup Sehat

Ahli Benarkan Makanan Pedas Sangat Pengaruh Jadi Ambeien, Waspadai Hal Ini !

Gejala umum dari wasir adalah rasa gatal, panas, dan sakit di anus. Wasir juga kadang menimbulkan darah sehabis buang air besar.

https://lifepack.id/
Gejala umum dari wasir adalah rasa gatal, panas, dan sakit di anus. Wasir juga kadang menimbulkan darah sehabis buang air besar. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Wasir atau ambeien adalah penyakit yang mengakibatkan nyeri di bagian anus.

Selain terlalu sering mengejan saat buang air besar dan terlalu banyak duduk, makanan pedas juga sering menjadi 'kambing hitam' sebagai penyebab ambeien atau wasir.

Padahal, menurut pakar kesehatan pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit CiptoMangunkusumo (FKUI/RSCM) dr. Ari Fahrial Syam, makanan pedas tidak berkontribusi dalam meningkatkan risiko wasir.

Ari menjelaskan, wasir terjadi ketika vena di anus mengalami inflamasi atau peradangan akibat tekanan. Tekanan pada pembuluh darah disebabkan oleh kegiatan mengejan saat buang air besar.

Jika Anus Terasa Gatal dan Nyeri, Bisa Jadi Pertanda Awal Gejala Ambeien, Cek 5 Ciri Sakit Ambeien

"Alasan orang mengejan karena memaksakan buang air besar yang keras. Buang air besar bisa keras karena kurang konsumsi serat, bukan karena makanan pedas," papar staf Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM ini.

Wasir yang juga dikenal dengan istilah hemoroid merupakan penyakit atau gangguan pada anus. Gangguan berupa pembesaran pembuluh darah di anus, kadang disertai pendarahan.

Gejala umum dari wasir adalah rasa gatal, panas, dan sakit di anus. Wasir juga kadang menimbulkan darah sehabis buang air besar.

Makanan pedas, tutur Ari, mungkin dikira menyebabkan wasir lantaran rasa panas yang ditinggalkannya pada anus sehabis buang air besar. Padahal panas yang dirasakan berasal dari sumber berbeda.

Penyebab Ambeien Ternyata dari Kebiasaan Sepele Berikut Ini, Yuk Mulai Jaga Kesehatan!

Pada wasir, rasa panas sehabis buang air besar disebabkan oleh adanya penekanan pada vena yang sudah mulai membesar. Sedangkan makanan pedas hanya memberikan sensasi karena senyawa pedas yang menempel pada jaringan.

"Namun, bisa jadi makanan pedas menambah rasa panas bagi mereka yang sudah mengalami wasir," ungkap Ari.

Untuk mencegah wasir, kita bisa menghindari sembelit dengan banyak makan serat dan minum air, banyak bergerak, menghindari terlalu banyak duduk, dan terlalu lama duduk atau jongkok di toilet. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved